Sambut Ramadhan, Pemprov DKI Gelar Monas Fair

Foto: Sayangi.com/Yan Zavin

Jakarta, Sayangi.com – Selama Ramadhan, Monas dapat menjadi lokasi wisata favorit warga untuk menunggu waktu berbuka. Berbagai makanan dan keperluan puasa atau Lebaran bakal dijajakan di kegiatan bertajuk ‘Monas Fair’ yang akan berlangsung mulai hari Rabu (10/7) sampai Sabtu (20/7).

Kepala Dinas Koperasi Usaha Menengah Kecil Mikro dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Ratnaningsih, menjelaskan bahwa Monas Fair akan menggelar berbagai kegiatan di kawasan Monas selama bulan  Ramadhan.

“Pada hari ini, kegiatan dengan konsep pasar rakyat bertajuk Gebyar Ramadhan akan digelar di Monas. Sebanyak 200 peserta menjajakan dagangannya di acara yang merupakan kerjasama Pemprov DKI Jakarta dengan swasta. Makanan untuk berbuka puasa, pakaian dan keperluan Lebaran akan dijual di tempat ini. Rencananya pasar ini akan dibuka mulai pukul 11 hingga menjelang berbuka,” kata Kepala Dinas KUMKMP DKI Jakarta, Ratnaningsih, saat dikunjungi wartawan, Rabu (10/7).

Lebih lanjut Ratna menjelaskan bahwa sesuai dengan perintah Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, pihaknya harus memberikan kemudahan bagi warga DKI untuk memenuhi kebutuhannya selama bulan puasa. Tidak hanya itu, bulan suci ramadhan ini juga diminta oleh Gubernur sebagai momentum untuk mengembangkan sektor UKM.

Di Monas ini pula akan digelar Expo Irti, yaitu sebuah kegiatan yang melibatkan 300 peserta yang berasal dari pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang akan digelar selama tiga hari, yakni mulai Kamis (18/7) sampai Sabtu (20/7), sebagai bentuk kegiatan yang merupakan bagian dari perayaan hari koperasi.

Sementara itu, selain acara Monas Fair, Pemprov DKI Jakarta akan mengadakan acara lain, yaitu Bazar Murah  Rakyat di semua kecamatan dan kelurahan, yang direncanakan diadakan pada tiap hari Senin dan Kamis. Kegiatan ini bertujuan agar Lurah, Camat, dan  Walikota membuka kantor mereka untuk rakyat. (HST).