Snowden Mungkin Memilih Venezuela Sebagai ‘Tempat Persembunyian’

businessinsider.com

Rio De Janeiro, Sayangi.com – Glenn Greenwald, wartawan AS yang pertama kali menerbitkan dokumen bocoran dari Edward Snowden, mantan kontraktor intelijen AS mengatakan pada Selasa (9/7) telah berhubungan langsung dengan Snowden melalui jalur online. Menurutnya, Venezuela menjadi salah satu tempat terkuat yang akan dituju Snowden karena telah memberikan kepastian suaka politik.

Venezuela, kata dia, menjadi salah satu negara yang paling mungkin untuk menjamin perjalanan mantan kontraktor itu dengan aman, terutama karena Amerika Serikat menekan negara-negara lain untuk tidak membawanya setelah ia meninggalkan tempat terlantarnya saat ini di bandara Rusia.

WikiLeaks, kelompok anti-kerahasiaan yang telah menasihati Snowden mengenai pilihan hukumnya dalam mencari suaka, menyarankan sebelumnya pada Selasa bahwa perkembangan pencarian Snowden itu bisa terungkap pada Rabu (10/7).

Meskipun demikian, Greenwald mengatakan bahwa satu resolusi untuk menangani krisis ini masih tidak jelas dan bisa memerlukan waktu “beberapa hari atau jam atau pekan.” Greenwald, seorang blogger dan kolumnis surat kabar The Guardian yang berbasis di London mengatakan, kontak terakhir dengan Snowden menuntunnya untuk percaya bahwa harta dokumen yang diambil Snowden dari Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat, atau NSA tetap aman dari tangan setiap pemerintah asing. (FIT/Ant)