Kriteria Kapolri Versi Kompolnas

Jakarta, Sayangi.com – Jenderal Polisi Timur Pradopo akan segera masuk masa pensiun. Setidaknya ada beberapa nama yang masuk dalam bursa calon Kapolri. Ada yang bintang dua dan ada juga bintang tiga.

Lalu apa saja kriteria yang pantas menduduki orang nomor satu di Polri tersebut. Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) punya kriteria tersebut.

“Kriteria kapolri yg ideal itu tentunya yang jadi harapan masyarakat adalah kapolri yang tegas,bersih, cepat dalam memberikan respon sesuai keinginan masyarakat, dia juga bisa meningkatkan kinerja polri, mengedepankan pelayanan yang cepat dan transparan,” ungkap Komisioner Kompolnas Edi Hasibuan, saat dikonfirmasi Sayangi.com, Rabu (10/7).

Selain itu kata Edi, kapolri yang ideal harus bisa mengubah pendekatan anak buahnya yang lebih banyak berada di tengah masyarakat (blusukan) daripada berada di kantor.

Poin berikut, kapolri juga harus bisa bersinergi dengan institusi penegak hukum dan aparat keamanan lainnya.

“Inilah mungkin yang kita harapkan kepada kapolri ke depan. Kami yakin dari sekian nama yang kami temui ada beberapa nama yang memiki komitmen kuat mengubah kinerja polri ke arah lebih baik. Tetapi semua itu, kami yakin tidak ada kapolri yang sempurna. Tapi, minimal kita harapkan akan mendapatkan kapolri yang lebih baik lagi dan tentu saja harus dudukung masyarakat dan juga anak buahnya sendiri,” terangnya.

Soal waktu, sambung Edi, Kompolnas menyerahkan semuanya kepada presiden apakah dilakukan bulan Agustus 2013 atau bulan Januari 2014. Kompolnas sifatnya hanya memberi saran dan pertimbangan kepada presiden sesuai Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2011 tentang Kompolnas.

Sejumlah jenderal masuk bursa seleksi Kompolnas menjadi pengganti Jenderal Timur Pradopo yang tidak lama lagi pensiun. Mereka antara lain, Kabareskrim Komjen Sutarman, Kepala BNN Komjen Anang Iskandar, Kakorlantas Irjen Puji Hartanto, Asisten Kapolri Bidang Operasional Badrodin Haiti,  Kadivkum Mabes Polri Irjen Anton Setiadi.

Disamping itu juga masuk nama Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Eko Bayuseno, dan mantan Wakabareskrim yang sekarang menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Saud Usman Nasution. (HST)