Tips: Biar Lapar dan Haus Ogah Mendekat Saat Puasa

Foto/Ilustrasi: tegalbahari.com

Jakarta, Sayangi.com – Pada hakikatnya, puasa merupakan sebuah kondisi dimana kita harus menahan haus, lapar dan hawa nafsu. Tak perlu risau jika hanya harus menghabiskan sepanjang pagi hingga terbenamnya matahari dengan berpuasa. Sebab, ada jurus jitu menangkis rasa lapar dan haus yang bekerja secara ilmiah sehingga bisa dipraktekan saat berbuka puasa dan sahur.

Menahan lapar dan haus bisa dilakukan dengan cara mengatur pola jadwal sahur Anda. Ada baiknya untuk mengakhirkan waktu makan sahur seperti sunnah Rasul. Makan sahur di 30 menit terakhir mendekati waktu imsyak bisa membantu menekan rasa lapar saat siang hari tiba. Selain itu, banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek dan sayur-sayuran hijau. Dan minum minuman yang manis, seperti teh manis hangat.

Yang paling penting, jangan pernah lupa untuk membiasakan minum segelas air putih hangat dengan komposisi yang dianjurkan sepertiga air panas, dan seperempat air biasa. Ingin tahu alasan ilmiah kenapa air hangat tersebut bisa membantu tubuh Anda untuk meminimalisir rasa haus dan lapar? Menurut beberapa sumber, rasa haus disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena adanya zat-zat makanan yang masih tertinggal di rongga tenggorokan dan sekitar mulut. Nah, air hangat tersebut berfungsi untuk meluruhkan semua zat-zat makanan atau zat manis yang tertinggal di tenggorokan Anda. Minum air putih hangat terutama saat pagi hari juga dipercaya sangat efektif untuk membuang racun dan membersihkan sistem pencernaan tubuh. Bahkan bisa untuk mencegah sembelit dan meningkatkan sirkulasi darah.

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan sisa makanan setelah sahur dengan menggosok gigi dan berkumur dengan obat kumur agar mulut tetap segar meski sedang menjalankan puasa. Nah mudah bukan? Sesungguhnya Tuhan memberikan segala kemudahan atas hamba-hambanya yang melaksanakan perintah dan ajarannya. Selamat berpuasa bagi anda yang menjalankan. (FIT)