Polres Jakarta Utara Amankan 50 Orang Terduga Bajing Loncat

Ilustrasi: Youtube

Jakarta, Sayangi.com – Dalam menjaga ketertiban dan keamanan di bulan Ramadhan, Polres Jakarta Utara menggelar Operasi Bajing Loncat (Bajilo) di enam kawasan yang diduga rawan dengan tindak kriminal.

Dari operasi yang dilakukan sejak pada Rabu (10/7) hingga Kamis (11/7) polisi berhasil mengamankan 50 orang yang diduga bajilo. Para bajilo tersebut dijaring dari Penjaringan, Pademangan, Tanjung Priok, Koja, Kelapa Gading hingga Cilincing.

“Mereka para bajilo yang sudah kami amankan ini dilakukan pemeriksaan, apabila yang terbukti melakukan kejahatan akan kita proses hingga ke persidangan,” kata Kapolres Jakarta Utara, Kombes Pol Mohammad Iqbal, kepada wartawan, Jum’at (12/7).

Sebagian dari bajilo yang diamankan petugas di antaranya masih berstatus anak dibawah umur. Mereka diduga ada yang mengkoordinir sehingga berani mencuri apa pun yang ada di dalam kendaraan khususnya truk yang melintas.

Dalam Operasi Bajing Loncat ini, petugas juga telah menyita puluhan besi yang diduga hasil curian, seperti besi rongsokan, linggis, dongkrak, dan sebagainya. Besi-besi tersebut rencananya akan dijual ke penampung besi bekas yang tersebar di kawasan Tanjung Priok.

Operasi ini akan terus dilakukan selama bulan suci Ramadhan guna memberikan rasa aman kepada masyarakat selama menjalankan ibadah puasa. Apalagi dalam aksinya, mereka tak segan mengancam korban dengan senjata tajam untuk menyerahkan barang-barangnya, seperti uang, HP, maupun barang-barang berharga lainnya.

“Sementara dari pemeriksaan pelaku pencurian ini belum ada yang terbukti melukai korbannya. Kami masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut, kami akan data kembali mereka yang terjaring ini dan jika nanti  tidak terlibat kekerasan dan pencurian akan kita lakukan pembinaan,” pungkas Iqbal. (HST)