Meredam Amarah Saat Puasa

Foto/Ilustrasi : inspira.tv

Jakarta, Sayangi.com – Dalam menjalankan ibadah puasa kita akan menghadapi banyak cobaan dan kita dituntut harus banyak bersabar dalam menghadapinya. Cobaan yang paling sering kita hadapi adalah mudah emosi dan marah. Nah bagi anda yang mudah marah, diperlukan energi batin yang cukup besar untuk menahan emosi. Lantas, bagaimana caranya agar kita tidak mudah marah ketika menjalankan ibadah puasa?

1.Bacalah Taawudz (‘audzublillahiminassyaitonirrojim) ketika sedang marah

2.Tidak banyak bicara
Obat yang paling mujarab untuk menghilangkan kemarahan adalah dengan diam dan tidak banyak bicara. Karena banyak bicara ketika kita marah menyebabkan kita tidak dapat mengontrol kata – kata yang keluar dari mulut kita, sehingga besar kemungkinan malah memperbesar masalah yang tadinya kecil.

3.Berwudhu disaat kamu sedang marah
Sesugguhnya marah itu adalah setan, setan tercipta dari api dan api dapat diredam dengan air. Maka dari itu ketika kita marah cobalah untuk mengambil wudhu untuk meredamnya.

4.Tarik nafas dalam – dalam dan hitung sampai 10
Jika kamu berada dalam kondisi yang tiba – tiba membuat emosi dan ingin meledak, daripada membiarkan mulut kita mengumpat, segeralah tarik nafas dalam – dalam dan hitung sampai sepuluh atau dapat juga diganti dengan membaca istighfar.

5.Cium wewangian terutama aroma citrus
Aroma citrus dipercaya telah terbukti mampu menurunkan tingkat kecemasan dan mampu menenangkan pikiran. Aroma citrus juga sangat membantu untuk menjaga mood kamu seharian.

6.Mendengarkan musik atau lagu
Musik dikenal sebagai sarana penyelamat mood kita yang sedang erorr. Apabila kita dalam kondisi emosi, misalnya terjebak macet dalam perjalanan pulang kantor, cobalah putar musik dan redam emosi serta kembalikan mood kamu, Putarlah lagu dengan melodi yang dapat menenangkan mood dan suasana hati kita.

7.Hindari dehidrasi
Menurut penelitian dari Univeritas Tufts kurangnya konsumsi air setiap hari akan membuat seseorang terutama wanita menjadi cepat marah. Dehidrasi dapat membuat emosi tidak stabil tanpa adanya sebab yang jelas. Karena itu selalu jaga dan penuhi kebutuhan tubuh akan air pada saat sahur dan berbuka puasa.

8.Tidur yang cukup
Kurangnya waktu tidur juga dapat membuat seseorang mudah emosi. Dalam bulan yang penuh berkah ini, cobalah untuk mempertahankan kualitas tidur anda tanpa mengurangi ataupun meninggalkan ibadah. Pastinya kita akan lebih sering terjaga di bulan Ramadahan ini. Akan tetapi selama kamu bisa menjaga kualitas tidur yang baik, maka kamu akan tetap bisa tampil prima dan juga fit.

Memang menahan amarah bukanlah perkara gampang, apalagi di bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Namun ada baiknya cobalah untuk melakukan tips diatas, semoga tips tersebut dapat membantu kita menghilangkan atau minimal meredam amarah yang timbul ketika sedang berpuasa. Selamat mencoba. (FIT/Berbagai Sumber)