Elias Jaua: Snowden Belum Tanggapi Tawaran Suaka Venezuela

Foto: Reuters/AFP

Montevideo, Sayangi.com – Menteri Luar Negeri Venezuela Elias Jaua mengatakan kepada Reuters, Kamis (11/7) bahwa Venezuela masih belum menerima tanggapan resmi dari penawaran suaka kepada mantan mata-mata AS kontraktor Edward Snowden.

“Kami berkomunikasi minggu lalu dan memberikan tawaran. Namun, sejauh ini kami belum menerima jawaban,” kata Jaua di sela-sela pertemuan menteri di daerah Montevideo, Uruguay.

Venezuela bersama dengan sekutu sayap kiri Bolivia dan Nikaragua telah menawarkan suaka kepada Snowden, yang dicari oleh Washington atas tuduhan spionase untuk membocorkan rincian luas, rahasia program pengawasan AS.

Snowden telah terjebak di daerah transit bandara internasional Moskow sejak June 23 di tengah spekulasi meningkat bahwa ia mungkin naik pesawat pada saat melakukan perjalanan ke Amerika Latin.

Para menteri luar negeri dari blok Mercosur negara Amerika Selatan sedang mempersiapkan pertemuan puncak pada hari Jumat ketika para pemimpin diharapkan untuk menanggapi tuduhan Washington memata-matai secara luas di wilayah tersebut dan pengalihan minggu lalu pesawat Presiden Bolivia Evo Morales atas wilayah udara Eropa pada kecurigaan Snowden adalah di papan.

“Kami telah membahas masalah AS yang dengan sengaja memata-matai benua dan juga isu yang berkaitan dengan hak suaka,” kata Menteri Luar Negeri Uruguay Luis Almagro.

Mercosur terdiri dari Brasil, Argentina, Uruguay dan Venezuela. Presiden Ekuador dan Bolivia juga akan menghadiri pertemuan itu pada hari Jumat (12/11) ini. (FIT/Reuters)