Jokowi Sulap 100 Kawasan Kumuh Jadi Kampung Deret

Foto: Ant

Jakarta, sayangi.com – Pemprov DKI Jakarta menargetkan penataan 100 kawasan kumuh sebagai kampung deret pada 2014 mendatang. Kampung Kalimati, Karet Tengsin, Tanah Abang Jakarta Pusat, dianggap Pemprov DKI sebagai salah satu kawasan yang diproyeksikan sebagai kampung deret.

“Ini kan dimulai untuk 2014. Kampung mana saja yang akan ditata, nanti kita lihat,” ujar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, saat mengunjungi lokasi, Jumat, (12/7).

Jokowi, sapaan akrab Gubernur DKI mengaku kerap menerima keluhan dari warga terkait Kondisi Kampung Kalimati yang kumuh. “Warga juga mengeluh karena dataran yang terlalu rendah membuat air mudah menggenangi lingkungan,” terangnya.

Untuk memastikannya, Jokowi memantau langsung lokasi dan memastikaan wilayah tersebut masuk ke dalam daftar kampung deret yang ia proyeksikan. Ia meminta lurah untuk menginventarisir jumlah warga yang bermukim. “Sudah, saya sudah bicara ke Pak Lurah untuk menginventarisasi Kartu Keluarga (KK) dan lahannya,” terangnya.

Untuk anggaran, Jokowi memastikan pihaknya akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). “Nanti saya bisa memperkirakan berapa jumlah anggaran untuk perbaikan kampung dan lebih mudah dilaksanakan,” tambah alumnus UGM Yogyakarta itu.

Salah satu syarat pembangunan kampung deret, ungkap Jokowi adalah lahan yang ditinggali warga harus dipastikan terbebas dari sengketa. “Tahun ini, ada 38 kampung yang akan kita tata. Soalnya kemarin banyak lahan sengketa. Kalau di sini gak ada yang bermasalah,” jelas mantan Wali Kota Solo itu. (MI)