Smartphone dan Komputer Sebabkan Mata Kering

Foto/Ilustrasi: google.com

Jakarta, Sayangi.com – Apakah mata Anda terasa kering? Anda tidak sendirian. Jutaan orang mengalami hal yang sama, menderita mata kering, dan sejumlah ahli mengatakan sebab dari radiasi yang berasal dari komputer dan smartphone membuat masalah lebih buruk.

“Itu karena ketika menatap perangkat tersebut, Anda mungkin akan berkedip di suatu tempat sekitar 50 persen lebih jarang daripada kondisi biasa,” kata Dr Christopher Starr, seorang profesor oftalmologi di Weill Cornell Medical College. Seperti dilansir cbsnews, ia menjelaskan, biasanya, kita berkedip sekitar 20 kali per menit. Ini bisa turun menjadi delapan atau 10 kali per menit. Dan ketika Anda tidak berkedip, air mata yang ada di permukaan mata Anda hanya akan menguap. Anda tidak mendistribusikan yang baru, sehat dan membersihkan dengan air mata di seluruh permukaan mata. “

Hal lain yang dapat menyebabkan mata kering adalah kurangnya minyak yang didistribusikan ke mata melalui kelopak mata Anda. “Ketika kita berkedip, secara alamiah akan mendorong keluar sedikit minyak,” kata Starr. “Sangatlah penting air mata untuk kesehatan mata. Ketika Anda berkedip, Anda mengeluarkan sedikit minyak. Jadi jika Anda tidak berkedip, Anda tidak mendapatkan minyak, air mata Anda menguap dan selama jam hari kerja yang panjang sudah pasti anda akan mengalami mata kering,” katanya.

Gejala mata kering menimbulkan perasaan mata seperti berpasir, ada sensasi benda asing yang masuk, terbakar, kemerahan, dan kadang-kadang terasa robek, dan penglihatan kabur. Starr menambahkan, “penglihatan juga bisa berfluktuasi, jadi jika Anda memiliki penglihatan yang jelas di pagi hari, penglihatan kabur pada akhir hari, sering kali ada kaitannya dengan ini.”

Untuk mengurangi gejala mata kering, Starr merekomendasikan aturan 20/20/20: “Setiap 20 menit Anda berada di komputer, istirahat, berpaling pada sebuah objek sejauh 20 kaki lebih kurang selama 20 detik. Anda juga dapat menempatkan sebuah stiker kecil pada komputer Anda atau sebotol obat mata buatan untuk mengingatkan Anda untuk melakukan itu secara berkala.” tutupnya. (FIT/cbsnews)