Resep : Steam Ikan Dori dengan Labu Siam

Foto/Ilustrasi: umami.typepad.com

Jakarta, Sayangi.com – Bulan puasa adalah salah satu cara untuk mengurangi asupan makanan tidak sehat untuk penderita obesitas. Tapi, beberapa orang justru kalap melihat makanan saat berbuka puasa. ┬áMakanan manis dan berlemak selalu menjadi buruan setiap buka puasa karena telah menahan lapar selama seharian. Coba deh masak makanan satu ini. Steam Ikan Dori dengan labu siam. Selain sehat karena di steam, labu siam juga sekaligus sebagai penetralisir yang bagus bagi tubuh. sSifatnya yang dingin bersahabat dengan lambung yang sudah seharian kosong. Jadi, tunggu apalagi? Intip yuk salah satu resep menu rencah 5 rasa Ramadan Asian Food Channel satu ini.

Bahan-bahan

1 Ikan Dori yang sudah di fillet
2 siung bawang putih cincang halus
1 ruas jahe potong seperti korek api
2 sendok asinan lobak (anda bisa membuatnya dari lobang yang dicincang, campur dengan lemon, garam dan sedikit gula untuk didiamkan semalaman)
merica secukupnya
minyak wijen secukupnya
1 buah cabe merah iris memanjang
1 batang daun bawang (iris seperti batang korek api)
1 buah tomat (belah menjadi 4)
1 buah labu siam ukuran kecil (potong dadu)

Cara membuat

Letakkan daun pisang dibawah kukusan sebagai alas ikan untuk memberikan aroma, letakkan ikan dori yang sudah dipotong menjadi 2 bagian diatasnya.
taruh irisan jahe, daun bawang dan cabe merah yang sudah diiris tipis, bawang putih dan tomat. Bumbui dengan merica dan minyak wijen (tidak perlu menambahkan garam karena asinan lobak sudah memberikan rasa asin). Kukus selama 20 menit. Hidangkan dengan nasi putih hangat. (FIT/AsianFoodChannel)