Ini 6 Makanan Yang Menjauhkanmu Dari Kanker Kulit

Foto/Ilustrasi: Huffingtonpost

Jakarta, Sayangi.com – Selain menggunakan body lotion atau sunblock, menjaga pola makanan dan memperbanyak makanan tertentu berpengaruh melindungimu dari jahatnya sinar matahari di atas jam 10 pagi. Disebutkan 6 makanan mampu untuk membuatmu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi terhadao kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Dan keenamnya juga bisa membantumu menurunkan kadar kalori berlebih dalam tubuh. Rahasianya adalah keenamnya memiliki antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang bsia menyebabkan penuaan dini dan tentu saja, menjauhkanmu dari kanker. So, let’s check it out girls…

1. Omega 3 – Ikan
Omega-3 asam lemak (ditemukan dalam banyak makanan, terutama dalam kerang dan ikan berlemak) memiliki kekuatan anti-inflamasi yang luar biasa. Penelitian menunjukkan senyawa ini dapat membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas (seperti yang disebabkan oleh sinar matahari). Studi lain menemukan bahwa menambahkan omega-3 untuk diet (atau mengambil dalam bentuk suplemen) dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker kulit.

2.Buah-buahan dan sayuran berwarna oranye dan merah
Lycopene, pigmen alami dan karotenoid (baca: antioksidan), ditemukan dalam tomat dan produk merah dan oranye lainnya telah dibuktikan dapat membantu melindungi terhadap beberapa iritasi kulit karena imbas UV seperti eritema. Lycopene membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas. Beta karoten (jenis lain dari karotenoid) yang ditemukan dalam warna merah dan oranye mmenurunkan reaksi terhadap terbakar sinar matahari, dan buah jeruk yang kaya akan flavanoid di warna oranyenya telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi kulit dari sinar UV.

3.Dark Chocolate
Flavanoids ditemukan dalam cokelat hitam dan dapat meningkatkan kemampuan kulit melindungi terhadap beberapa jenis kerusakan kulit, termasuk masalah yang ditimbulkan UV seperti luka bakar karena sinar matahari. Plus flavonoid dapat membantu menjaga kulit terhidrasi, meningkatkan saturasi oksigen dan meningkatkan aliran darah. Berikut lampu hijau untuk menambahkan cokelat gelap untuk tas pantai Anda! (Hanya berhati-hati itu mencair).

4. Sayuran silangan
Sayuran, seperti brokoli dan kembang kol, yang dikemas dengan antioksidan penting untuk membantu melawan radikal bebas. Bonus poin? Ini keluarga sayuran yang telah terbukti dalam melakukan pencegahan kanker tidak hanya di kulit, tetapi di sejumlah organ lain juga. Penelitian menunjukkan bahwa kecambah brokoli, juga dalam keluarga cruciferous, mengandung sulforaphane, yang terkait dengan peningkatan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari kanker.

5.Sayuran Hijau
Jika itu hijau daun, itu juga baik untuk perlindungan matahari. Rempah segar – khususnya peterseli, kemangi, sage, dan rosemary – yang mengandung zat anti radikal bebas melindungi kulit. Berdaun hijau gelap seperti bayam dan swiss chard adalah semua sayur yang penuh antioksidan seperti polifenol dan karotenoid, yang juga secara alami melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Satu studi menemukan bahwa makan sayuran berdaun hijau membantu mencegah munculnya kembali kanker kulit pada orang yang sebelumnya sudah menderita. (Kata peringatan: Studi ini juga menemukan bahwa modifikasi produk susu seperti keju dan yogurt memiliki risiko untuk memunculkan kanker kembali saat sudah pernah menderita)

6.Teh hitam dan teh hijau
Teh hijau dan teh hijau (yang benar-benar dalam bentuk daun) memiliki kandungan polifenol yang dapat membantu menghentikan perkembangan kanker dengan membatasi suplai darah ke daerah yang terserang kanker. Beberapa studi telah menemukan bahwa teh hijau dapat membantu mencegah kanker kulit non-melanoma (di samping beberapa manfaat kesehatan lain yang menakjubkan. Satu studi juga menemukan bahwa orang yang minum satu cangkir teh per hari memiliki insiden lebih rendah dari melanoma. (FIT/Huffingtonpost)