Kerugian Lapas Tanjung Gusta Rp 55 Miliar

Foto: Antara

Medan, Sayangi.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara memperkirakan kerugian akibat kebakaran Lembaga Pemasyarakat Kelas I Tanjung Gusta, Medan mencapai Rp 55 miliar.

“Perhitungan sementara mencapai Rp55 miliar,” kata Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumut Budi Sulaksana. Menurut Budi, banyak benda-benda mahal ikut terbakar dalam peristiwa yang terjadi pada hari Kamis (11/7) malam itu, seperti peralatan media, obat-obatan, komputer, dan berbagai alat elektronik di kantor Lapas.

“Di bagian kantor, kerusakannya mencapai 100 persen,” kata Budi. Ia menambahkan, pihak Lapas sedang memperbaiki kerusakan yang ada, mulai dari mengganti bangunan yang rusak, mengganti dokumen kemasyarakatan, hingga penyediaan berbagai peralatan elektronik dan medis. Untuk pembangunan fisik, diperkirakan selesai dalam dua minggu. Sedangkan dokumen kemasyarakatan, pihak Lapas akan mengambil dari database Kanwil Kemenkumham Sumut.

Pihak Lapas juga meniadakan waktu kunjungan narapidana untuk sementara waktu. Selain tidak ada ruangan untuk pertemuan keluarga dengan narapidana, juga muncul kekhawatiran terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam kunjungan tersebut. “Saat ini, kondisi berantakan. Khawatirnya nanti mereka terkena ‘beling’ (pecahan kaca),” tutupnya. (MSR/ANT)