Banjir Lumpuhkan Kota Cilegon

Ilustrasi/foto: Antara

Cilegon, Sayangi.com – Ratusan rumah di Kota Cilegon, Provinsi Banten, terendam banjir akibat curah hujan tinggi di daerah itu.

“Kami membuka pos pelayanan kesehatan dan mendirikan tenda untuk menampung warga korban banjir di sekitar jalan rel kereta api,” kata Ketua Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Cilegon Nurwarta, Minggu (14/7). Ia menambahkan, banjir yang melanda permukiman warga itu akibat curah hujan cukup tinggi Sabtu (13/7) sejak pukul 16.30 WIB sampai 23.50 WIB.

Diperkirakan, ratusan rumah terendam banjir dengan ketinggian antara 60 cm hingga satu meter. Banjir juga menggenangi ruas jalan Anyer-Cilegon, sehingga terjadi kemacetaan lalu lintas. Namun, pihaknya hingga kini belum menerima laporan korban jiwa akibat banjir tersebut.

“Kami terus menyalurkan makanan agar para korban banjir tidak kelaparan. Juga mendirikan posko kesehatan untuk mencegah penyakit menular,” katanya, seraya menambahkan, banjir yang melanda kawasan Kota Cilegon hanya di daerah-daerah langganan banjir saja akibat meluapnya sejumlah sungai. Selain itu juga drainase saluran-saluran air tidak berfungsi sehingga menimbulkan banjir menimpa permukiman.

“Kami minta partisipasi masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, termasuk tidak membuang sampah ke drainase saluran air,” katanya.

Berdasarkan pantauan, banjir di Cilegon antara lain melanda Perumahan Graha Praja Mandiri, Cibeber Barat, Kampung Sawah, Kelurahan Sukmajaya, Perkampungan Rokal, Kelurahan Jombang Wetan, dan sejumlah perkampungan di Kecamatan Ciwandan. (MSR/ANT)