Disnakertrans: Bayarkan THR Seminggu Sebelum Lebaran

Foto: asianews.it

Jakarta, Sayangi.com – Seluruh perusahaan di Jakarta diminta agar seminggu sebelum lebaran membayar tunjangan hari raya kepada karyawan. Demikian surat edaran yang dikeluarkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta.

Disnakertrans DKI Jakarta akan melalukan pengawasan mengenai pembayaran THR ini. Priyono, Ketua Disnakertrans menegaskan, pihaknya akan memberikan sanksi tegas bagi perusahaan yang tidak mengindahi peraturan. “Tahun 2012 lalu, kami mencatat setidaknya ada 12 pengaduan pemberian THR kepada karyawan. Menurun dibandingkan dengan tahun 2011 yang jumlahnya mencapai 40 aduan,” ujar Priyono, Minggu (14/7).

Aduan yang paling banyak diterima, menurut Proyono, mengenai keterlambatan pembayaran THR. Sanksi yang diberikan kepada perusahaan yang membandel pun beragam, mulai dari sanksi administrasi hingga pencabutan izin. Namun, ia lebih memfokuskan pada penanganan secara langsung. “Jika ada pengaduan mengenai pembayaran THR, kita segera menindaklanjuti ke perusahaan terkait. Diharapkan perusahaan bisa memberikan hak-hak pekerja jelang hari raya,” ujarnya.

Disnakertrans, masih kata Priyono, telah mengirimkan surat edaran kepada suku dinas untuk diteruskan ke perusahaan di masing-masing wilayah. Selanjutnya, surat edaran dari Kementerian Nakertrans Nomor SE.03/MEN/VII/2013 akan disebar juga ke perusahaan untuk menguatkan aturan pembayaran THR. (MSR)