Penting, Tumbuhkan Minat Politik Kaum Muda

Foto: Hanura

Jakarta, Sayangi.com – Apatisme terhadap politik yang mewabah di kalangan anak muda. Hal itu bukan dinilai bukan tanpa sebab. Selain karena perpolitikan yang sarat dengan kecurangan dan pragmatisme, anak muda juga tumbuh sebagai kaum hedonis dan materialistik. Hal tersebut diperparah pula oleh landasan agama yang lemah.

Demikian disampaikan Ketua DPP Partai Hanura, Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati kepada Sayangi.com, Senin (15/7) menanggapi kecenderungan apatisme politik kaum muda.

Menurut Nuning — panggilan akrab Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati, memahami permasalahan kaum muda harus secara holistik. Dari sana nantinya akan ditemukan berbagai solusi positif pemberdayaan kaum muda.

Kata dia, banyak cara yang bisa ditempuh untuk menumbuhkan perhatian dan minta anak muda ke politik. Tentu hal itu, katanya, diawali dari keluarga, sekolah dan pergaulannya. Nasionalisme dan agama harus diajarkan secara komprehensif dan benar. Pancasila dan UUD’45 baik sebagai landasan maupun pilar bangsa harus diajarkan. Sistem pengajarannya harus tepat jangan sampai membosankan.

“Jadi menurut saya anak muda harus punya semangat untuk bela negara. Kondisi ini bisa dibarengi dengan peningkatan wawasan kebangsaan yang menyadarkan pentingnya hidup rukun dan damai sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” tandas Nuning.

Nuning yang juga anggota Komisi I DPR RI ini menambahkan bahwa persatuan dan kesatuan yang dilandasi nilai Pancasila akan meningkatkan rasa nasionalisme. Keinginan untuk bela negara dilandasi atas kesadaran, didukung oleh pemberdayaan dari pemerintah. (HST)