Mikrolet Di Jakarta Akan Dialihfungsikan

Foto: Sayangi.com/Okky Tirto

Jakarta – Sayangi.com – Angkutan dalam kota atau mikrolet akan dialihkan menjadi angkutan pemukiman. Keberadaan mikrolet nantinya digantikan jadi angkutan bus sedang. Hal itu juga sebagai salah satu usaha Pemerintah DKI Jakarta untuk memperbaiki dan menata transportasi di Ibukota.

“Ke depan mikrolet hanya akan beroperasi di wilayah saja. Ke depan kita akan ganti mikrolet dengan bus sedang. Tiga mikrolet akan diganti dengan satu bus sedang,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok), saat dikunjungi wartawan di Balaikota, Senin (15/7).

Ahok menjelaskan bahwa sebelum penerapan kebijakan tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membenahi pool Perum Penumpang Djakarta (PPD). Nantinya, diharapkan individu yang memiliki satu atau dua bus dapat mengelola angkutan umumnya sendiri dengan layak melalui PPD.

Lebih lanjut dikatakan bahwa PPD akan menawarkan jasa servis ke pemilik angkutan umum tersebut dengan harga murah. Termasuk di pool, akan dilakukan pelatihan sopir. Sehingga diharapkan lama kelamaan, pemilik satu dua angkutan umum dapat dilebur menjadi pemilik saham PPD.
 
Namun, dikatakan Ahok, hingga kini Pemprov DKI Jakarta masih menunggu realisasi Pemerintah Pusat untuk menghibahkan PPD kepada Pemprov DKI.

“Kami siap untu menampung mereka. Kalau mereka gak mau, ya rugi sendiri. Kita harus ingat jasa mereka juga kan, selama ini kan mereka yang terus bekerja. Nah itu solusinya,” pungkasnya. (HST)