Sebut Menteri “Mirip Orangutan”, Senator Italia Panen Kecaman

Foto: guardian.co.uk

Jakarta, Sayangi.com – Seorang senator Italia didesak minta maaf setelah menyebut Menteri Kabinet berkulit hitam pertama di negara itu sebagai “mirip orangutan”.

Roberto Calderoli dari Liga Utara antiimigrasi, dalam sebuah kampanye juga sempat mengatakan bahwa penunjukkan Cecile Kyenge sebagai Menteri Integrasi akan mendorong ‘imigran ilegal’ datang ke Italia.

Pernyataan Calderoli merupakan insiden terbaru dalam serangkaian kasus rasisme di Italia. Sebelumnya, sejumlah kasus rasisme dialami para pesepakbola, termasuk yang dialami penyerang Milan, Mario Balotelli.
“Saya sayang binatang – beruang dan serigala, seperti yang semua orang ketahui – tetapi saat saya melihat foto Kyenge, saya merasa dia mirip seekor orangutan,” begitu kata Calderoli dalam sebuah pidato di Kota Treviso. Dia menambahkan, Kyenge mestinya menjadi Menteri di negaranya sendiri.

Pernyataan Calderoli langsung memicu kecaman di media sosial dan sejumlah pemimpin politik. Perdana Menteri Enrico Letta mengatakan komentar tersebut ‘melampaui batas’ dan dia meminta solidaritas dan dukungan penuh bagi Cecile.

Awalnya Calderoli hanya minta maaf lewat pernyataan bahwa komentarnya itu bagian dari perdebatan tentang imigrasi. Tetapi pada Minggu sore akhirnya, kepada kantor berita Italia Ansa, dia mengaku telah menghubungi Kyenge untuk menyampaikan permintaan maaf secara langsung.

Sementara itu, seorang politisi lokal dikabarkan dipecat setelah menulis di statusnya di Facebook: “Seseorang harus memperkosa Kyenge agar dia memahami bagaimana rasanya menjadi korban kejahatan yang keji.”
Sedangkan politisi lainnya dipecat lantaran mengatakan, Kyenge ingin mengembalikan “tradisi kesukuan” di Italia. (MSR/BBC)