Amankah Tidur Setelah Makan Sahur?

Foto: www.dreams.co.uk

Jakarta, Sayangi.com – kembali tidur setelah selesai makan sahur, bagi kebanyakan orang itu merupakan hal yang nikmat sekali. Memang sebenarnya tidak ada larangan untuk kembali tidur setelah makan sahur, apalagi ada istilah yang sering kita dengar bahwa tidurnya orang berpuasa adalah ibadah, tapi sebenarnya aman gak sih tidur setelah sahur?
kebanyakan orang berfikir bahwa tidur itu adalah istirahat yang paling penting untuk menghilangkan kelelahan. Akan tetapi banyak yang tidak tahu bahwa saat tidur tubuh juga tetap membutuhkan energi, sehingga sebenarnya asupan yang dikonsumsi saat sahur juga secara otomatis akan ikut terpakai. Itulah yang menyebabkan banyak yang merasa lemas dan merasa lapar ketika bangun tidur setelah sahur.Hal ini juga dapat menyebabkan anda dapat merasa pusing dan terlihat lesu sepanjang hari. Selain hal tersebut diatas ternyata tidur setelah makan sahur juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, antaranya :
1. Terjadi peningkatan berat badan dan perut akan menjadi buncit. Ketika anda memutuskan untuk kembali tidur setelah sahur, dapat berakibat membengkaknya berat badan anda, sebab tubuh tidak diberi kesempatan untuk membakar kalori dari makanan yang telah kita konsumsi. Selain itu juga dapat membuat perut kita tampak menjadi buncit
2. Heartburn
Adalah sensasi terbakar yang menyakitkan disekitar ulu hati hingga kerongkongan akibat refluks asam lambung Jika anda tidur setelah sahur maka makanan yang anda cerna akan berbalik dari lambung ke kerongkongan (refluks). Hal itu dikarenakan pengaruh gaya gravitasi, lalu asam lambung akan naik dan melukai kerongkongan, karena mengalami luka maka kerongkongan akan terasa panas dan perih dan mulut akan terasa pahit.
3. Stroke
Efek yang paling buruk dari tidur setelah makan sahur adalah meningkatkan resiko stroke, stroke bisa saja dialami seseorang jika dirinya tidur setalah makan sahur. Penelitian mengatakan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur adalah memiliki tingkat kemungkinan paling rendah untuk terserang stroke. Sebaiknya tidur dilakukan 2 jam setelah makan.

Dengan dampak buruk bagi kesehatan yang terjadi apabila kita tidur setelah sahur, sehingga tak heran banyak ulama yang berpendapat bahwa tidur setelah makan sahur sebaiknya tidak dilakukan. Jadi memang disarankan agar selepas bersantap sahur kita dapat kembali meneruskan aktivitas kita, seperti mengaji, atau hanya berolah raga kecil di pagi hari. Dengan demikian tubuh akan terlihat tampak bugar dan fresh dipagi hari juga sepanjang hari. Bagaimana menurut anda, masih mau tidur setelah makan sahur??? Well terserah anda. Selamat menunaikan ibadah puasa. (berbagai sumber) (RH)