Persija Berdamai Dengan Persib?

Foto: facebook.com

Jakarta, Sayangi.com – Menpora Roy Suryo mempertemukan manajer Persija Ferry Paulus dengan manajer Persib Bandung Umuh Muchtar dalam rangka mendamaikan perselisihan antara Jakmania dengan Viking dan Bobotoh.

“Malam hari ini diawali dengan niat yang baik kita mengawali kebersamaan antara Jakmania yang diwakili oleh manajer Persija Ferry Paulus dengan Viking dan Bobotoh diwakili manajer Persib Bandung Umuh Muchtar, dihadapan Ketum PSSI Johar Arifin dan disaksikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan serta Asisten Gubernur bidang permukiman Hendriyono, mari kita mendamaikan perselisihan antara Jakmania dengan Viking dan Bobotoh,” ujar Roy Suryo dalam acara buka puasa bersama di halaman Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin.

Menurut dia, pertemuan malam ini merupakan embrio awal dari adanya kebersamaan antara kedua kelompok suporter yang bertikai “Malam hari ini adalah bagaimana embrio awal kebersamaan dari sepakbola Indonesia, tidak akan ada timnas Belanda, Arsenal maupun Liverpool tanpa kesatuan PSSI. Kalau diatasnya berdamai kenapa yang dibawah-bawah masih ribut,” kata dia.

Menurut dia, pertemuan antara manajemen klub Persija dengan manajemen klub Persib Bandung bertujuan untuk menunjukkan kepada Jakmania, Viking dan Bobotoh bahwa level atas bisa bersatu.

“Kita ingin mengawali dan menunjukkan kepada bobotoh dan Jakmania bahwa level yang di atas bisa bersatu, di pihak manajemen saja bisa berdamai kenapa yang dibawah tidak bisa,” kata dia.

Ia mengungkapkan Kemenpora akan mengundang pihak Jakmania, Viking dan Bobotoh untuk bertemu saat masuk Bulan Syawal dalam rangka rekonsiliasi kedua suporter yang selama ini berselisih.

“Saya akan kawal proses hukumnya, harus di tindak tegas. Kalau ada hubungan maka PSSI akan menindak. Kalau ada suporter yang berulah klubnya yang akan diberi sanksi. Penerapan sanksi kalau sudah tepat waktunya,” ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar mengatakan dengan terjalinnya pertemuan antara manajemen Persija dan Persib, mudah-mudahan hubungan keduanya semakin baik.

“Insya Allah berdua semakin baik, waktu itu Ferry Paulus salaman di depan bobotoh Bandung dan itu tidak ada masalah,” kata dia.

Menurut dia, perselisihan antara Viking dan Bobotoh dengan Jakmania, pihaknya tidak bisa mengintervensi langsung kepada suporter Persib Bandung itu.

“Pelan-pelan kita cari jalan terbaik, dan di Bandung itu ada dua kubu dalam Bobotoh itu sendiri, bahkan ketuanya tidak akur, mudah-mudahan bisa solid, dan bersama-sama bersatu mencari jalan yang terbaik,” kata dia.

Terkait langkah konkret apa yang akan diambil, ia mengatakan pihaknya belum siap untuk mengambil upaya apapun selain terus bertemu dengan Bobotoh dan Viking.

Sementara itu, manajer Persija Ferry Paulus menyambut baik pertemuan antara manajemen klub Persija dan Persib.

“Acara ini sangat baik untuk kita dimana ini merupakan langkah awal dari pertemuan yang akan ditindak lanjuti. Setelah ini kita akan ada pertemuan internal Jakmania di acara bukber sama,” kata dia.

Sebelumnya, perselisihan antara Jakmania dengan Viking dan Bobotoh kembali tersulut menjelang pertandingan antara Persija melawan Persib Bandung, 22 Juni lalu.

Sebelum pertandingan, bus yang ditumpangi oleh pemain dan ofisial Persib dilempari oleh orang tidak dikenal, sehingga pertandingan pun batal digelar dan diundur menjadi 28 Agustus mendatang. (RH/ANT)