Pembangunan Madura Dapat Alokasi Anggaran Rp527,23 Miliar

Foto: library.thinkquest.org

Jakarta, Sayangi.com – APBN-P 2013 menyiapkan anggaran Rp527,23 miliar untuk pembangunan sejumlah sarana dan infrastruktur di Madura. Anggaran itu dialokasikan untuk mendorong sektor pertanian, peternakan, dan perikanan, serta usaha kecil menengah.

“Pada 2013 ada kegiatan dengan anggaran Rp527,23 miliar untuk empat kabupaten,” kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Senin (15/7/2013).

Sejumlah proyek yang akan dibangun adalah waduk di Sampang, irigasi masing-masing di Pamekasan, Sumenep, Bangkalan, dan Sampang dengan nilai total Rp63,5 miliar.

“Selain pembangunan juga rehabilitasi irigasi dengan total Rp32,6 miliar,” paparnya.

Hatta menambahkan, pemerintah juga akan membangun embung atau penampungan air sebagai sumber air baku di empat kabupaten di Madura. Selain air minum, pemerintah juga akan memperbaiki jalur lintas utara, selatan, dan tengah dengan nilai Rp230 miliar.

“Itu semua dititikberatkan mempercepat pemberdayaan masyarakat di sektor perekonomian sehingga kesejahteraan di empat kabupaten bisa dipercepat,” katanya.

Dijelaskannya, pada 2014 mendatang, pemerintah akan mengalokasikan anggaran Rp1 triliun bagi pembangunan di Madura, termasuk skema rekonsiliasi bagi pengungsi akibat konflik di Sampang.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin siang melangsungkan rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden membahas mengenai perkembangan penanganan kasus pengungsi di Sampang dan juga percepatan pembangunan di Madura. Dalam rapat tersebut selain Wakil Presiden Boediono, juga hadir para menko, menteri terkait dan pejabat lainnya. (MI/Ant)