IWO Laporkan Jero Wacik Ke Mabes Polri

Foto: Sayangi.com/Yan Zavin

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Umum IWO (Ikatan Wartawan Online) didampingi para Advokad dalam Tim Hukum Kehormatan Martabat IWO, melaporkan Menteri ESDM, Jero Wacik, ke Bareskrim Mabes Polri, Senin (15/7). IWO melaporkan Jero terkait pernyataannya pada Sabtu (13/7) yang menyatakan bahwa media online tidak jelas,  tidak bisa dipertanggungjawabkan, dan media online sama dengan surat kaleng.

Dikatakan oleh Ketua Umum IWO dalam tuntutannya ke Bareskrim Polri bernomor: TBL/317/VII/2013/Bareskrim atas nama pelapor Budi Chandra SH, dimana tuntutan itu adalah, Jero Wacik telah menfitnah dan mencemarkan nama baik; dalam rinciannya, Jero patut diduga telah menfitnah, sangat melecehkan, telah menghina, sehingga wartawan online banyak tertekan, serta menurun kinerjanya.

“Laporan ini sebagai pelajaran bagi pejabat-pejabat dan petinggi-petinggi negara yang lain agar bertindak dan bekerja dengan baik, memiliki etika dan sopan santun yang baik pula. Media online adalah media yang sudah sesuai dan diatur dalam UU Pers dan PT. Media online itu kan saat ini merupakan media sebagai corong terdepan untuk berita-berita, tidak hanya di Indonesia, tapi seluruh dunia,” kata Ketua Umum IWO, Budi Chandra SH, sekaligus sebagai pelapor di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Senin (15/7).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dalam tuntutan itu, Jero Wacik diminta agar segera membuat pernyataan dan mengklarifikasi, meminta maaf, atas berbuatannya atas tindakan menfitnah dan mencemarkan nama baik persatuan Ikatan Wartawan Online (IWO).

“Jika bapak yang terhormat Jero Wacik tidak membuat pernyataan dan mengklarifikasi atas perbuatannya, maka kita akan meminta di bawah pemerintahan SBY agar memberhentikan Jero Wacik dari jabatannya, karena Jero telah merongrong, dan menodai kinerja wartawan yang mulia ini,” tambah Kepala Laboratorium Hukum sekaligus Kuasa Hukum IWO, Junaidi SH, MH, di Barekrim Mabes Polri, Senin (15/7). (HST)