Kapolda Papua: Korban Nabire Bukan Akibat Kerusuhan

Foto: Kaskus

Jayapura, Sayangi.com – Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian menegaskan tragedi GOR Nabire yang menewaskan 17 orang bukan akibat kerusuhan melainkan karena ketakutan para penonton hingga berupaya keluar dengan berdesakan.

“Mereka tewas bukan karena dianiaya melainkan terhimpit dan terinjak-injak saat hendak keluar dari GOR,” tegas Kapolda Papua melalui telepon selularnya di Jayapura,, Selasa (16/7).

Irjen Tito Karnavian mengatakan dari hasil penyelidikan sementara terungkap kasus yang menewaskan belasan orang itu terungkap akibat berdesakan dipintu utama sehingga terhimpit dan terinjak-injak sementara penonton lainnya yang berada didalam gedung tidak mengalami cidera.

Selain karena berdesakan saat hendak keluar GOR Nabire, kapasitas gedung juga tidak mampu menampung jumlah penonton yang diperkirakan hanya sekitar 500 orang.

“Saat insiden terjadi sekitar 1.500 orang yang memadati GOR yang berlokasi dikota lama Nabire sehingga memang sudah tidak memadai hingga para korban selain mengalami luka-luka juga sesak nafas,” kata Kapolda Papua yang saat ini masih berada di Nabire.

Menurut dia, dari laporan sementara juga terungkap membludaknya penonton karena saat Bupati Nabire Izaias Douw masuk GOR, masyarakat yang berada diluar GOR meminta untuk diperbolehkan masuk sehingga Bupati Nabire kemudian mengizinkan masyarakat masuk tanpa membeli karcis .

Kebijakan itu mengakibatkan masyarakat berduyun-duyun memasuki GOR hingga melebihi daya tampung, jelas Irjen Pol Tito seraya menambahkan, seusai final antara Yulianus Pigome melawan Alfius Rumkorem yang dimenangkan Alfius, para pendukung Pigome tidak terima sehingga terjadi keributan dan saling lempar seperti kursi dan botol air minum.

“Kalau akibat lemparan baik kursi maupun botol air tidak akan separah itu,”ungkap Kapolda Papua.Ditambahkan, dari 17 korban yang meninggal tiga korban diantaranya sudah dimakamkan dan diharapkan korban yang belum dimakankan segera dimakamkan.

Sedangkan yang dirawat di RSUD Nabire saat ini tercatat 20 orang. (HST/ANT)