Snowden Dapat Nobel Perdamaian?

Foto: Mashable

Swedia, Sayangi.com – Dia mungkin tidak memiliki paspor, atau alamat rumah karena pria yang tadinya berkewarganegaraan Amerika telah dicabut paspornya dan kini berada di luar Terminal F di bandara Sheremetyevo di Moskow. Tapi Mantan intelijen, NSA Edward Snowden tapi rupanya ada yang berkeinginan memasukkannya menjadi salah satu nominasi pemenang Hadiah Nobel Perdamaian.

Mendapatkan nominasi Hadiah Nobel Perdamaian bukanlah hal yang paling sulit di dunia. Daftar orang yang bisa masuk kandidat untuk pertimbangan komite panjang, dan mencakup hampir setiap legislator nasional, ditambah profesor sejarah, ilmu-ilmu sosial, filsafat, hukum atau teologi di berbagai universitas.

Dalam kasus ini, nominatornya adalah Stefan Svallfors, seorang profesor sosiologi di Universitas UmeƄ di utara Swedia dan anggota dari Royal Swedish Academy of Sciences. Biasanya, dia lebih tertarik pada kebijakan kesejahteraan Eropa dibanding whistleblower internasional. Dia tweeted suratnya kepada Komite Nobel Perdamaian di Norwegia (Posisinya di Swedia).

Surat Svallfors ‘memuji Snowden untuk mengungkapkan rincian program surveilans email NSA, yang ia sebut sebagai “upaya heroik dengan pengorbanan pribadi yang besar.” Panitia harus memberikan penghargaan pada Snowden untuk menunjukkan bahwa pemuda itu adalah “individu dapat membela hak-hak dasar dan kebebasan.”

Sayangnya untuk Svallfors dan Snowden, batas waktu untuk Hadiah nobel perdamaian harus dikirim paling akhir Februari. Namun, Snowden masih bisa dipertimbangkan untuk Hadiah Perdamaian 2014, saat ia diharapkan sudah memiliki tempat tinggal yang lebih permanen.

Tapi Nobel adalah kekuatan yang susah menolak gagasan yang muncul. Kristian Berg Harpviken, wakil direktur di International Peace Research Institute di Oslo, diminta oleh kantor berita Interfax untuk memberikan komentarnya, apakah Snowden layak hadiah. Jawabannya? “Dengan hati-hati saya bisa mengatakan Iya.” (FIT/Mashable)