Perangkat Sinyal Bisa Jadi Mata-Mata Layaknya NSA

Foto: Mashable

Las Vegas, Sayangi.com – Anda tidak perlu menjadi Badan Keamanan Nasional untuk memata-matai panggilan dan pesan ponsel Amerika. Anda hanya perlu untuk kembali ke perangkat sinyal ponsel Verizon yang dijual seharga $ 250 – dan Anda dapat mencegat semua komunikasi yang berasal dari telepon terdekat. Segampang itu?

Dua peneliti keamanan, atau hacker baik telah menemukan bahwa perangkat yang biasa disebut femtocell, atau Extenders jaringan dapat dengan mudah melakukan hack dan berubah menjadi stasiun mata-mata. Ini adalah bagian kecil stasiun ponsel berdaya rendah yang dapat dibeli untuk meningkatkan sinyal dalam rumah.

“Kita bisa mengoperasikan menara ponsel, dan melihat segala sesuatu yang dilakukan dengan telepon Anda karena mereka akan mengirim ke menara ponsel. Mulai dari panggilan telepon, pesan teks, pesan gambar hingga mobile web surfing. Kita bisa melihat dan merekam semuanya,” kata Tom Ritter, seorang konsultan senior perusahaan keamanan ISEC Partners.

Temuan itu dilaporkan oleh berbagai media pada hari Senin, dan peneliti akan memberikan detail lebih lanjut di Las Vegas hacking dan konferensi keamanan Black Hat Defcon yang berlangsung pada awal Juli.

Ritter dan rekannya Doug DePerry hack software yang mulai meneliti perangkat, mencegat semua panggilan yang dibuat atau diterima dalam 40 kaki dari perangkat serta mengirimkan data ke komputer yang terhubung. Dalam demonstrasi untuk CNN Money, Ritter mencegat panggilan telepon, pesan teks dan bahkan pesan MMS.

Masalah ini dilaporkan oleh para peneliti untuk Verizon pada awal 2013 dan perusahaan mengklaim bahwa mereka tetap mengalami masalah di bulan Maret, menurut juru bicara David Samberg. Dia menambahkan bahwa tidak ada pelanggan yang terkena dampak eksploitasi.

“Perangkat yang mereka gunakan untuk demo mereka adalah salah satu yang awalnya dihack dan tidak menerima perbaikan. Semua perangkat yang belum menerima pembaruan perangkat lunak telah dihapus dari jaringan dan tidak lagi bekerja,” tulis Samberg dalam sebuah email kepada Mashable.

Sangat mudah untuk membayangkan bagaimana sebuah femtocell hack dapat disalahgunakan oleh seseorang dengan niat jahat. Kedua perangkat tersebut sangat kecil, bahwa mereka dapat membawanya berkeliling dengan memasukkannya ke dalam saku, dan alat itu bisa mencegat semua komunikasi dalam radius 40-kaki. Ritter dan DePerry percaya jangkauan ini dapat diperpanjang lebih jauh menggunakan antena yang lebih kuat.

Ini bukan pertama kalinya bahwa femtocell telah dieksploitasi oleh hacker dan berubah menjadi perangkat pengawasan. Pada tahun 2011, kelompok Choice Hacker menunjukkan bahwa femtocell Vodafone yang dipasarkan di Inggris dapat digunakan untuk memasuki jaringan ponsel terdekat. (FIT/Mashable)