Jumlah Kendaraan Pemudik Naik 10 Persen

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri, Komisaris Besar Pol Istiono, memprediksi akan ada peningkatan jumlah warga yang mudik pada Lebaran tahun 2013 ini.

“Dengan meningkatnya pemudik, jalur utama dipastikan semakin macet parah. Tahun ini, diperkirakan akan ada peningkatan kendaraan dari tahun lalu, lebih kurang 10 persen,” kata Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri, Komisaris Besar Pol Istiono, saat dijumpai wartawan, Selasa (16/7).

Kata Istiono, jalur Pantura diperkirakan akan menjadi jalur yang dipilih banyak orang untuk mudik, dibanding dengan jalur selatan. Pihaknya juga akan mengantisipasi jalur selatan dan jalur tengah yang akan diisi oleh ribuan kendaraan.

“Tiga puluh dua persen kecelakaan tahun lalu itu pelakunya kendaraan roda dua. Harapan kita ini, korban kecelakaan kendaraan roda dua bisa ditekan,” ungkapnya.

Istiono menghimbau bahwa pentingnya persiapan yang matang bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua untuk melindungi keselamatan pribadi masing-masing.

“Bagi para pemudik terutama yang menggunakan kendaraan roda dua untuk lebih melakukan persiapan ketika mudik. Karena dari hasil analisa, kecelakaan yang disebabkan dari kendaraan roda dua sangat memprihatinkan pada tahun lalu,” pungkasnya. (HST)