Anugerah Pewarta Foto Indonesia Pilih 27 Karya Terbaik

Foto: Sayangi.com/Okky Tirto

Jakarta, Sayangi.com – Untuk yang ke-4 kalinya, Pewarta Foto Indonesia (PFI) kembali menyelenggarakan acara tahunan bergengsi Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2012, pada senin malam (15/7). Bertempat di Transforce West Mall Grand Indonesia Shopping Mall Jakarta, penyerahan penghargaan ini diberikan untuk hasil foto-foto terbaik Indonesia.

Sebanyak 4150 foto dari 336 pewarta foto dan 125 peserta Citizen Journalism (Pewarta warga) selesai dinilai oleh Dewan Juri. Dan terpilihlah 27 foto jurnalistik terbaik dari 9 kategori, serta 2 penghargaan khusus yaitu foto jurnalistik best of the best ‘Photo of the Year 2013’ dan Life ‘Time Achivement’. Dalam kesempatan itu, Menteri Perekonomian Hatta Rajasa hadir untuk menyerahkan penghargaan “Photo of The Year 2013”.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menstimulasi semangat pewarta foto untuk terus berjuang menghasilkan karya-karya foto yang mampu ‘berbicara’ merekam dengan jujur momen-momen yang menjadi bagian dari kehidupan dan perjalanan bangsa ini”. Terang Ketua APFI 2012, Eko S Hilman dalam sambutannya.

“Selain memberikan penghargaan kepada pewarta foto, kami juga memberikan penghargaan bagi foto citizen journalism terbaik, yang kami harap akan meningkatkan minat masyarakat aktif mewartakan apa yang dialami dan ditemui sehari-hari melalui jepretan kamera,” papar Eko lebih lanjut.

Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, yang kemudian menyampaikan apresiasinya terkait kegiatan APFI 2012 dalam sambutannya. Tidak hanya Tifatul Sembiring, malam itu menteri BUMN Dahlan Iskan juga hadir untuk mengamati hasil karya-karya terbaik PFI

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PFI, Jerry Adiguna menyebutkan “Foto jurnalistik adalah bukti otentik yang merekam sepak terjang bangsa, untuk itu sesungguhnya pewarta foto memiliki tugas yang tidak mudah karena harus jeli menangkap momen-momen yang mampu merefleksikan perkembangan kehidupan masyarakat.” (FIT)