Tips Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Foto/ilustrasi: yasamca.net

Jakarta, Sayangi.com – Alami bau mulut saat menjalankan puasa? Meski seringkali kita mendengar bahwa bau mulut orang yang sedang berpuasa adalah surga, kita pasti tak mau orang sampai pingsan gara-gara menghirup aroma nafas kita yang tidak enak bukan?  Dr. Rana Al Thalib, seorang dokter gigi umum dari dental clinic, Dubai Healthcare City, mengatakan bahwa keluhan bau mulut lumrah meningkat tajam hingga 60 persen selama bulan Ramadan.

Bau nafas yang kurang sedap ini dapat disebabkan oleh dua faktor. Yang pertama adalah masalah mulut, kedua adalah masalah kesehatan pencernaan yang kurang baik. Secara ilmiah, saat kita tidak mengkonsumsi makanan atau minuman, kelenjar ludah tidak menghasilkan air liur yang cukup untuk menjaga agar nafas kita tetap segar. Tapi tak perlu risau karena tim Sayangi.com telah merangkum resep jitu agar puasamu berjalan lancar tanpa gangguan bau mulut. 

• Menggosok gigi
Biasakanlah untuk selalu menggosok gigi anda selepas anda bersantap sahur di pagi hari. Hal ini dilakukan agar gigi kita tetap kuat dan sehat. Cobalah untuk menggunakan pasta gigi yang dapat membuat nafas anda menjadi segar.

• Makan buah dan sayur
Sayuran yang memiliki banyak serat dapat mengatasi aroma bau mulut yang kurang sedap. Pada saat sahur dianjurkan sebaiknya mengkonsumsi makanan yang dapat membantu memproduksi air liur, karena dengan air liur yang cukup dapat membuat mulut kita tetap dalam kondisi lembab dan terhindar dari bau mulut yang kurang sedap.

• Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C
Buah yang kaya akan vitamin C nya dapat menangkal bakteri yang menyebabkan bau mulut dan melindungi gigi dan gusi agar selalu sehat. Kandungan ini banyak terdapat dalam buah jeruk dan strawbery

• Minum air putih
Minumlah air putih 2 sampai 3 gelas selepas sahur, karena selain dapat membantu anda terhindar dari dehidrasi, air putih juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi saliva ( air liur ) dalam mulut, sehingga dapat membantu menjaga kebersihan mulut anda

• Hindari makanan yang dapat memicu bau mulut, seperti petai, jengkol, durian juga cokelat. Dimana coklat merupakan makanan yang bersifat diuretik( merangsang pengeluaran urin). Sehingga dapat mengakibatkan mulut akan cepat mengalami kekeringan.

• Makan daun mint
Saat sahur atau berbuka, kunyahlah makanan dengan bau khas seperti daun mint atau juga kemangi. Selain itu juga dapat mengkonsumsi cengkeh, kayu manis ataupun kapulaga. Untuk cara mengkonsumsinya dapat dicampurkan dengan minuman anda, seperti teh. Bahan – bahan alami tersebuit dapat juga mengusir aroma tidak sedap pada mulut anda
Ada banyak cara untuk lebih mengoptimalkan puasa di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, selamat mencoba, semoga bermanfaat. (FIT/berbagai sumber)