Gembong Narkoba Terkuat di Mexico Ditangkap

Foto: Reuters

Mexico City, Sayangi.com – Pemerintah Meksiko mengatakan pada hari Senin (15/7) menangkap pemimpin kekerasan dari gembong narkoba berbahaya, Zetas di pagi hari. Ini menandai kemenangan terbesar bagi Presiden Enrique Pena Nieto dalam perjuangannya melawan geng yang mengakibatkan banyak sekali pertumpahan darah.

Marinir Miguel Angel Trevino ditangkap setelah mencegat truk pick-up dengan helikopter beberapa mil (km) dari rumahnya kota Nuevo Laredo di perbatasan AS, juru bicara pemerintah Eduardo Sanchez kepada wartawan.

Zetas telah disalahkan untuk banyak kekejaman terburuk dalam perjuangan Meksiko memberantas geng narkoba. Pena Nieto telah berjanji untuk memulihkan perdamaian ke negara yang telah menderita lebih dari 70.000 kematian kekerasan kartel sejak awal tahun 2007.

Trevino (40) tertangkap bersama dua rekannya menyusul setelah operasi berbulan-bulan untuk melacaknya, kata Sanchez. Pihak berwenang juga menyita lebih dari $ 2 juta dolar dalam bentuk tunai dan cache senjata dalam operasi itu, katanya.

Menangkap Trevino adalah yang terbaru dalam serangkaian pukulan untuk memukul gembong narkoba Zetas, sang pemimpin sebelumnya dibunuh oleh marinir dalam baku tembak di Meksiko utara tahun lalu.

Di antara kejahatan yang dikaitkan dengan Zetas adalah pembantaian puluhan migran di Meksiko utara pada tahun 2010, serangan pembakaran terhadap sebuah kasino di Monterrey pada tahun 2011 dan pembuangan 49 mayat yang dipenggal dekat kota yang sama tahun lalu.

Pena Nieto datang ke kantor pada Desember 2012 menjanjikan peningkatan keamanan di negara semakin lelah dengan pertumpahan darah yang diakibatkan Zetas di bawah pendahulunya Felipe Calderon.

Calderon telah mempertaruhkan reputasinya untuk membawa geng narkoba terkuat di Meksiko. Tapi pertumpahan darah meningkat selama pemerintahannya, dengan Zetas di garis depan itu.

Departemen Luar Negeri AS bahkan telah menawarkan hadiah sampai $ 5 juta untuk informasi yang mengarah ke penangkapan Trevino itu. (FIT/Reuters)