Polisi Bekuk Perempuan WNA Dalang Perampokan

Jakarta, Sayangi.com – Aparat Jatanras Polda Metro Jaya berhasil meringkus pelaku berinisial LNG (38), seorang perempuan berkebangsaan Amerika Serikat terkait perampokan terhadap Khian dan Jimmy, karyawan perusahaan money changer di Hotel Aston, Taman Rasuna, Lantai 30 Kamar 3008 pada Jumat (12/7) lalu. Pelaku ditangkap petugas di rumah kontrakannya di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Dari penangkapan itu, polisi melakukan pengembangan dan sukses membekuk 4 pelaku lain, yaitu berinisial MT (41), CS (45), RR (40), dan juga seorang wanita berinisial VW (27).

Diketahui bahwa perempuan yang merupakan warga negara Amerika itu menjadi dalang sindikat perampokan dengan sasaran kantor money changer. Menurut pengakuan pelaku kepada polisi, pelaku sudah empat kali beraksi bersama 8 orang kawannya warga negara Indonesia (WNI) dengan meraup uang sebesar lebih dari Rp 500 juta.

Petugas masih memburu 3 tersangka lain dari komplotan pimpinan LNG ini yang masih buron, yaitu berinisial SM, DG, dan LL. Kawanan bandit pimpinan LNG ini merupakan spesialis perampokan dengan sasaran perusahaan money changer.

“Modusnya, para pelaku berpura-pura bertransaksi dengan perusahaan money changer seperti menukar uang dolar yang kondisinya tak bagus,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Drs. Rikwanto, kepada wartawan di Polda Metro Jaya, didampingi Dirkrimum, Kombes Slamet Ryanto, Selasa (16/7).

Lebih lanjut Rikwanto mengatakan bahwa para pelaku menentukan lokasi kepada petugas money changer agar uang dolar diantar ke tempat yang telah disiapkan. Lokasi yang menjadi tempat penukaran itu kebanyakan di sebuah hotel.

“Setelah mereka sepakat, pelaku kemudian menentukan lokasi hotel yang nantinya dituju petugas atau karyawan money changer. Mereka selalu menjadikan kamar hotel sebagai tempat eksekusinya. Aksi dilakukan kemudian setelah kurir pembawa uang dolar datang menemui pelaku,” pungkasnya. (HST)