Al Jazeera Beli Hak Siar Liga Utama Inggris

Foto: www.madote.com

London, Sayangi.com – Al Jazeera Sport membeli hak siar eksklusif pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, selama tiga tahun mulai bulan depan, demikian pernyataan yang dikeluarkan, Senin.

Al Jazeera yang bermarkas di Qatar, mencapai kesepahaman dengan perusahan yang menangani hak siar televisi olahraga MP & Silva untuk menayangkan 380 pertandingan Liga Utama di 23 negara mulai dari Iran sampai Maroko dengan penayangan di Uni Emirat Arab dan Mesir.

Mantan presenter Sky Sports Richard Keys dan Andy Gray akan menangani program berbahasa Inggris bersama Ayman Jada dan Mohammed Saadon Al Kuwari, khusus untuk liputan versi Arab mulai 17 Agustus, sepanjang musim 2013-2014.

Pada Januari, MP & Silva mengalahkan saingan utamanya Abu Dhabi Media (ADM) dan Al Jazeera, sehingga mendapat kontrak selama tiga tahun untuk mendistribusikan pertandingan Liga Utama di kawasan itu.

MP & Silva menyatakan, sebelumnya kesepakatan dengan Liga Utama tentang pembelian hak siar mencapai 300 juta dolar yang harus dibayar ADM dimuka untuk siaran selama tiga tahun.

Setelah membeli hak siar itu, MP & Sliva melakukan penjualan sendiri dengan jaringan televisi setempat tetapi Al Jazeera tidak mengungkapkan berapa mereka membeli hak siaran untuk kawasan itu.

“Kami takjub dapat membeli hak siar pertandingan Liga Utama Barclays selama tiga tahun. Ini merupakan kebanggan tersendiri dan kami berusaha memberikan suguhan terbaik sepak bola Eropa,” kata Ketua Bidang Sport Al Jazeera Nasser Al Khelaifi, dalam pernyataannya.

Ketua Eksekutif Liga Utama Richard Scudamore menyatakan, “Kami amat gembira dan menyambut baik Al Jazeera Sport sebagai mitra kami di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara.” “Kami akan bekerja sama dan kami yain mereka akan memberikan suguhan kompetisi Liga Utama Barclays secara komprehensif dan baik di kawasan itu kepada para penggemar kami,” katanya.

Kompetisi Liga Utama Inggris merupakan kompetisi terkaya dunia dari sisi keuntungan hak siar televisi, dibanding dengan saingan mereka kompetisi Spanyol dan Jerman, terutama tentang penjualan di luar negeri.

Keuntungan penjualan hak siar televisi untuk ke-20 tim liga diperhitungkan mencapai 5,5 milyar poun (8,31 milyar dolar AS), dalam tiga tahun.

Al Jazeera Sport, yang memiliki 19 saluran olahraga “life” serta Sports News di kawasan, akan meluncurkan tiga canel HD baru untuk menyiarkan pertandingan Liga Utama Inggris.

Perusahaan itu sudah membangun jaringan pemberitaan olahraga mereka sampai ke Prancis dan Amerika, kemudian meluncurkan lagi siaran langsung sepak bola Eropa, menunjukkan ambisi besar mereka dalam bisnis olahraga itu.

Al Jazeera juga mengumumkan bahwa mereka sudah membeli hak siar dari MP & Silva dan Pitch International, untuk pertandingan Serie A serta Major League Soccer (MLS) plus kompetisi besar lainnya seperti Piala FA serta pertandingan internasional Brazil dan Inggris.

Sebagai tambahan, mereka juga memiliki ikatan kerja dengan klub Inggris seperti Arsenal, Liverpool dan Tottenham Hotspur plus klub Italia AC dan Inter Milan serta Juventus. (RH/ANT)