Jumhur Hidayat Siap Ramaikan Konvensi Partai Demokrat

Majalengka, Sayangi.com – Melorotnya elektabilitas Partai Demokrat, bukan berarti partai berlambang segi tiga mercy itu kehilangan peminat. Setidaknya, sejumlah nama menyatakan minat mengikuti Konvensi Partai Demokrat dalam Bursa Calon Presiden untuk Pemilu Presiden (pilpres) 2014.

Diantara nama itu muncul Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat. Bahkan Jumhur optimis. Apalagi dukungan dari berbagai komponen buruh terus mengalir. “Saya melihat peluangnya terbuka, kita ikuti saja,” ucap Jumhur menjawab wartawan di Kompleks Pendopo Kabupaten Majalengka, Jabar, Selasa (16/7), tentang kemungkinan keikutsertaannya dalam konvensi calon presiden dari Partai Demokrat.

Deklarasi dukungan kepada Jumhur, antara lain dideklarasikan Aliansi Buruh Jawa Barat yang melibatkan tujuh serikat buruh pada Minggu (7/7). Pernyataan deklarasi itu telah diterima langsung oleh pimpinan DPD Partai Demokrat Jawa Barat untuk diteruskan kepada Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Ribuan anggota dan keluarga aliansi buruh menghadiri deklarasi itu terdiri atas Serikat Pekerja Nasional (SPN), Gabungan Serikat Pekerja Merdeka Indonesia (Gaspermindo), Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SP TSK SPSI), Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (GOBSI), Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992, dan Serikat Pekerja Otomotif Indonesia (SPOI). “Moh Jumhur Hidayat pantas dicalonkan sebagai presiden untuk Pemilu 2014,” kata Ketua SPN Jawa Barat Iwan Kusmawan.

Iwan menyebutkan deklarasi untuk mendukung Jumhur pertama kali berlangsung di Jawa Barat karena Jumhur merupakan tokoh berprestasi yang berasal dari Jawa Barat. Deklarasi serupa akan berlangsung ke minimal 10 provinsi lain yakni di Nanggroe Aceh Darussalam, Sumut, Sumbar, Sumsel, Riau, Kepri, Lampung, Banten, Jatim, dan NTB.

Prestasi Jumhur, katanya, antara lain selaku Pendiri Gaspermindo mampu mempererat seluruh potensi dan kekuatan buruh dan pekerja Indonesia dan sebagai Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mampu meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup TKI dan keluarga TKI serta memartabatkan TKI di luar negeri.

Pada Minggu (14/7), Aliansi Buruh Jawa Barat juga membuka dukungan sejuta orang untuk Jumhur melalui media sosial.

Sebelumnya ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Taiwan juga menggelar apel di negara itu untuk mendukung Jumhur mengikuti konvensi, selain itu dukungan juga diberikan oleh Lembaga Bantuan Hukum TKI serta sejumlah tokoh dan pengamat.

Ketika ditanyakan kesiapannya mengikuti konvensi, secara diplomatis, Jumhur mengatakan belum menyatakan secara terbuka untuk mengikuti konvensi calon presiden. “Perlu dilihat mekanisme yang berjalan di Partai Demokrat dan penilaian apakah saya memenuhi persyaratan untuk diundang mengikuti konvensi,” katanya menambahkan.

Jumhur berada di Majalengka untuk berdialog dengan Pemerintah Kabupaten beserta jajarannya dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadhan VI BNP2TKI di Pulau Jawa 13-25 Juli 2013.

Sejauh ini Ketua DPR Marzuki Alie dan Ketua DPD Irman Gusman telah mendapat undangan dari Yudhoyono untuk mengikuti konvensi. Selain itu nama Menteri Perdagangan Gita Wiryawan disebut-sebut juga bakal mengikuti konvensi itu. (MARD/Ant)