Costa Juarai Etape ke-16 Tour de France

Foto: Antara

Gap, Prancis, Sayangi.com – Pemegang kaus kuning Chris Froome dan pesaingnya Alberto Contador terhindar dari petaka dalam sebuah tubrukan pada akhir etape ke-16 Tour de France yang dimenangi oleh pebalap Portugal Rui Costa pada Selasa.

Pebalap Movistar Costa memenangi etape sejauh 168km dari Vaison-La-Romaine sampai Gap, setelah sebuah serangan ke depan yang tepat waktu pada tanjakan terakhir balapan hari itu, sepanjang 9,5km Col de Manse.

Costata, yang merebut kemenangan etape keduanya dalam balapan itu, menjadi bagian dari 26 pebalap yang melepaskan diri ke depaan untuk membangun keunggulan yang signifikans dari kelompok besar di kawasan berbukit menuju Gap.

Dia dengan cepat mencatat keunggulan pada empat pesaing yang, meskipun sudah berupaya, mencapai puncak dengan terpaut 45 detik dari pebalap Portugal itu.

Dengan tersisa 11km turunan, upaya Costa sebelum mencapai puncak itu akhirnya membuahkan hasil dan dia melintasi garis finis 42 detik lebih awal dari Christophe Riblon, Arnold Jeannesson, Jerome Coppel, dan pebalap veteran Jerman Andreas Kloden.

Sementara itu, Froome, dan pesaingnya asal Spanyol Contador, yang menguji pebalap Inggris itu dengan beberapa kali serangan dalam perjalanan menuju puncak Manse, keduanya lolos dari petaka setelah terjadi tubrukan di salah satu tikungan tajam di lereng tersebut.

Froome keluar dari jalur balapan dan harus menempatkan satu kakinya di tanah untuk menstabilkan diri, sementara Contador terlepas sepedanya.

Dengan posisi kedua klasemen keseluruhan Bauke Mollema memperlihatkan kelasnya dengan melambat untuk memberi kesempatan Froome dan Contador mengejarnya, mereka melanjutkan persaingan dan mencapai finis bersama dalam kelompok kecil pebalap dengan terpaut 10 menit di belakang Costa.

Pemimpin Team Sky Froome mempertahankan keunggulan 4 menit 14 detik atas pebalap Belanda Mollema dari Belkin, dengan pemimpin tim Saxo Contador masih di posisi ketiga dengan terpaut 4:25. (RH/ANT)