Snowden Resmi Ajukan Suaka ke Rusia

Foto: Guardian

Sheremetyevo, Sayangi.com – Setelah melakukan tarik ulur dengan Presiden Rusia tentang pra syarat permintaan suaka, Edward Snowden telah resmi meminta suaka sementara di Rusia pada Selasa (16/7).

Edward Snowden membocorkan rahasia program pengawasan NSA dilaporkan telah terjebak di area transit Bandara Sheremetyevo Moskow selama tiga minggu setelah meninggalkan Hongkong. Dengan bantuan dari WikiLeaks, dia telah mengajukan permohonan suaka di lebih dari 20 negara. Beberapa negara Amerika Latin bahkan sudah memberikan suaka namun Snowden dibatasi dengan pencabutan paspor akan dirinya.

Anatoly Kucherena, seorang pengacara yang bertemu dengan Snowden pada hari Jumat bersama dengan perwakilan dari organisasi hak asasi manusia, menegaskan bahwa ia mengajukan permintaan formal untuk suaka kepada pemerintah Rusia. Kepala Layanan Migrasi federal Rusia menegaskan lembaga menerima lamarannya.

“Dia mencapai kesimpulan bahwa ia harus menulis aplikasi untuk suaka sementara di Rusia, dan prosedur ini baru saja dilakukan,” katanya kepada Reuters.

WikiLeaks membenarkan kabar di Twitter, menulis bahwa Snowden “telah mengajukan permohonan visa perlindungan sementara dengan pelayanan imigrasi Rusia.”

Bola sekarang berada di tangan pengadilan Vladimir Putin.

Snowden sudah mengajukan suaka di Rusia pada awal Juli. Pada saat itu, Presiden Rusia mengatakan bahwa Snowden biasa diberikan suaka di Rusia asal berhenti untuk membocorkan rahasia yang dapat merugikan Amerika. Setelah pernyataan Putin waktu itu, Snowden dan tim hukumnya menarik permintaan suaka awalnya.

Putin juga mengatakan pada hari Senin bahwa tindakan pemerintah AS untuk mencegah Snowden terbang ke Amerika Selatan, di mana Venezuela, Nikaragua dan Bolivia telah menawarkan dia suaka, telah memaksa dirinya untuk tetap di bandara Moskow, menurut Associated Press.

Kuchurena mengatakan bahwa untuk saat ini, Snowden tidak akan pergi ke mana pun. Ia berencana untuk tinggal di Rusia.” Suaka sementara dapat diberikan hingga satu tahun.

Layanan Migrasi federal memiliki tiga bulan untuk menanggapi permintaan Snowden itu. Putin mengisyaratkan bahwa saat ini, Snowden mungkin mendapatkan apa yang dia minta. Ia menambahkan bahwa Snowden saat ini sedang menuju ke arah yang benar dalam hal memenuhi prasyarat nya. (FIT/Mashable)