Volume Sampah Meningkat, DKI Siapkan TPS di Sunter

Jakarta, Sayangi.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah menyiapkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di wilayah Jakarta guna menekan tingginya biaya angkutan sampah dari Jakarta ke Bantar Gebang, Bekasi.

Gubernur DKI Jakarta menyatakan mengingat volume sampah yang semakin meningkat, diperlukan alternatif pembuangan dan pengelolaan sampah di Ibukota. Untuk itu Pemprov DKI Jakarta segera mengumumkan pemenang tender pengelolaan sampah terpadu yang berlokasi di Sunter.

“Tempat pembuangan sampah di Jakarta ini sebagai tempat alternatif, antisipasi semakin tingginya sampah di Jakarta, juga meminimalisir biaya transportasi pengangkut sampah dari Jakarta ke Bantar Gebang, Bekasi. Tapi bukan berarti Bantar Gebang bukan tidak kita butuh, masih kita perlukan,” kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, saat dikunjungi wartawan di Balaikota, Rabu (17/7).

Menurut Jokowi, apabila sampah-sampah di Ibukota semuanya dibawa ke Bantar Gebang, Bekasi, maka hal itu sangat menguras biaya yang sangat banyak. Untuk menanggulangi hal itu, Pemerintah DKI Jakarta menganggap perlu untuk membuat Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di dalam Jakarta sendiri.

“Problemnya biaya transportasi, karena membawa ke sana itu masih sangat tinggi. Kita mulai melakukan di dalam Jakarta sendiri,” kata Jokowi. (HST)