Kapolda Jatim Inspeksi Mendadak Rutan Medaeng

Ilustrasi: Bit.ly/16IByTU

Sidoarjo, Sayangi.com – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Unggung Cahyono melakukan inspeksi mendadak di Rumah Tahanan Klas 1 Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, Rabu (17/7). Sidak itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi kasus kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

“Kami datang untuk melakukan koordinasi dengan petugas Rutan Medaeng tentang format pengamanan dan pengawasan terhadap warga binaan,” ujarnya di Sidoarjo.

Koordinasi antara rutan dengan polisi dalam rangka pengamanan, kata dia, perlu ditingkatkan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Pengamanan tersebut di antaranya dengan melakukan patroli bersama dengan jajaran kami yang ada di sekitar rumah tahanan maupun lembaga pemasyarakatan,” ucapnya.

Ia juga mengemukakan, jumlah penghuni Rumah Tahanan Medaeng sudah melebihi kapasitas, dari idealnya hanya 500 orang ternyata diisi 1.691 orang. “Dalam waktu dekat ini, kami berencana menggelar latihan bersama demi terciptanya keamanan yang kondusif dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Rumah Tahanan Kelas 1 Surabaya Kadiyono menjelaskan, pihaknya sering kali mengalihkan warga binaan yang sudah diputus pengadilan ke daerah-daerah lain untuk menghindari kelebihan kapasitas penghuni rutan. “Kami kirim kepada unit pelaksana teknis di daerah seperti di Banyuwangi, Jember, dan Probolinggo. Namun, hingga sekarang ternyata masih terjadi kelebihan kapasitas,” katanya. (HST/ANT)