Telisik Sejarah Masjid Ajaib di Malang Yuk!

Foto: twicy.com

Malang, Sayangi.com – Mendengar kata masjid ajaib anda tentu penasaran bukan? Jika ingin berkunjung silahkan menuju Jalan KH Wahid Hasyim, Gang Anyar RT 27 RW 06 Desa Sanarejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Masjid tersebut menjadi salah satu destinasi religi favorit di Malang.

Masjid Ajaib ini sebenarnya merupakan sebuah Pondok Pesantren (Ponpes) yang bernama Syalafiyah Bihaaru Bahri’ Asali Fadlaairil Rahmah. KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Sholeh Al Mahbub Rahmat Alam atau yang umum dikenal Romo Kiai Ahmad kemudian disebut-sebut sebagai pendiri bangunan megah yang diketahui dibangun tahun 1978 silam.

Menyadur namanya “masjid Ajaib”, konon desas-desus keberadaan masjid ini tidak diketahui dibangun oleh siapa, dibangun oleh berapa banyak orang, dan bagaimana pengadaan materialnya. Dengan kata lain, bangunan megah yang konon terus tumbuh menjulang keatas itu dibangun oleh para jin. Namun kemudian pihak Ponpes mengklarifikasi dan menegaskan bahwa itu tidak benar. Pengerjaannya dilakukan secara transparan oleh para santri dan jamaah lainnya.

Masjid Ajaib ini bukan hanya ajaib dengan mitosnya, namun terasa sangat ajaib juga dengan wujud serta arsitektural bangunannya. Begitu indah mengandung sentuhan arsitektural tingkat tinggi. Unik dan mirip sekali dengan arsitektural bangunan di Timur Tengah. Masjid ini memiliki 11 laintai dengan pintu dan koridor juga ruangan yang sangat banyak. Interior dan exteriornya sejati dengan nuansa kaligrafi islami yang rumit, perpaduan gaya Timur Tengah, China dan sentuhan arsitektural modern.

Masjid Ajaib ini sudah mencapai 11 lantai. Lantai 1sampai 4 digunakan sebagai tempat para santri, lantai 6 sebagai ruang keluarga, sedangkan lantai 5, 7, 8 terdapat toko-toko kecil yang menjual berbagai makanan ringan khas Malang, alat-alat ibadah, dan lainnya dengan harga murah. Bak kawasan wisata, masjid ini memiliki kolam renang, dan beberapa perahu khusus untuk dinaiki anak-anak. Terdapat pula jenis binatang seperti Kijang, Monyet, Ayam, Kelinci, dan jenis-jenis burung cantik. (FIT)