Ini Kebiasan Unik Orang Indonesia Saat Ramadhan

Foto/Ilustrasi: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Indonesia bukan hanya memiliki ragam adat dan budaya, dalam segi ibadah terutama saat ramadhan, nusantara kita memiliki kebiasaan dan tradisi yang unik  lain dari negara kebanyakan. Berikut ini kebiasaan-kebiasaan unik masyarakat Indonesia ketika bulan Ramadhan yang dihimpun sayangi.com:

Membangunkan Orang Sahur
Entah sejak kapan kebiasaan ini lahir, namun yang pasti kini sudah jadi tradisi turun temurun bagi para warga sekitar untuk membangunkan warganya untuk sahur. Tidak hanya didesa-desa, kegiatan ini juga sering ditemui di kawasan rumah di perkotaan.Yang unik kegiatan membangunakan orang sahur tersebut menggunakan iring-iringan atau bunyi-bunyian keras seperti bedug, alat pukul galon, bahkan penggorengan.

Sahur On The Road/ Berbuka Puasa Bersama
Sebut saja saber atau bukber. Kegiatan ini makin marak dikalangan remaja sekolah, pegawai kantoran, bahkan ibu-ibu arisan. Bukber atau saber biasanya dilakukan bersama dengan kerabat atau sahabat di suatu tempat seperti restoran, atau ditaman, dan terkadang disertai dengan acara bhakti sosial. Bukber atau saber ini konon bertujuan sebagai ajang silahturahmi sesama muslim.

Ngabuburit
Ini adalah kegiatan masyarakat untuk menghabiskan atau menunggu waktu berbuka. Biasanya kegiatan ngabuburit ini bisa dilakukan sendiri, berdua atau berkelompok. Kegiatannya berupa jalan-jalan baik di mall atau di taman-taman, membeli makanan untuk persiapan berbuka dan lainnya.

Kolak Menu Primadona Berbuka Puasa
Kolak, dari Sabang sampai Merauke tentu tahu makanan khas berbuka yang satu ini. Dari sekian banyaknya inovasi menu berbuka yang dijajakan, kolak pisang dengan citarasa manis menggoda selalu jadi pilihan kebanyakan orang. Ini menyadur anjuran berbuka puasa dengan menu yang manis-manis.

Petasan/Kembang Api
Kebiasaan ini turun temurun selalu hadir baik dipedesaan ataupun diperkotaan. Meski sudah dikeluarkan beberapa larangan untuk bermain petasan, namun tampaknya warga Indonesia masih lekat dengan kebiasaan satu ini. Membunyikan petasan atau menyalakan kembang api saat sahur hari pertama, buka puasa hari pertama, hingga saat berbuka hari terakhir berpuasa/malam takbiran. (FIT)