Menelusuri Jejak Rasulullah di Istana Topkapi

vemale.com

Turki, Sayangi.com – Istana Topkapi yang merupakan lambang kejayaan pada masa dinasti Ottoman memiliki berbagai arsitektur dan benda-benda bersejarah pun berharga yang dimiliki pada masa kekuasaan Turki, Utsmani. Selain itu peninggalan yang cukup menyita perhatian dunia internasional adalah terdapatnya barang-barang peninggalan nabi Muhammad SAW. Berbagai peninggalan tersebut ditempatkan disatu ruangan khusus yang terpisah dari istana Topkapi. Ruangan tempat penyimpanan barang-barang peninggalan Nabi ini bernama Paviliun Relikui Suci.

Topkapi terletak di pusat kota Turki, Istanbul. Dibangun pada tahun 1453 M dan didirikan diatas tanah seluas 592.600-700.000 m². Istana Topkapi dikenal sebagai istana 24 raja Dinasti Ottoman Turki yang sangat terkenal dan dijadikan sebagai tempat tinggal selama 4 abad oleh para sultan Ottoman. Lalu sejak tanggal 3 April 1924 pemerintah mengeluarkan keputusan yang berisi bahwa istana Topkapi telah berubah menjadi museum.

Didalam paviliun tersebut kita dapat menemukan pedang, mantel, gigi (yang tanggal ketika terjadi perang Uhud), bakiak, bendera, cambuk, segenggam janggut, sajadah, tongkat, busur panah, sabuk, stempel dan berbagai benda lainnya. Selain benda-benda peninggalan Nabi Muhammad SAW juga terdapat pula pedang milik ke empat sahabat nabi yaitu Abu Bakar As – Shidiq, Umar bin Khatab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Dari beberapa barang peninggalan Nabi Muhammad, yang paling menakjubkan adalah cetakan telapak kaki kanan nabi Muhammad SAW yang tercetak disaat peristiwa Mi’raj. Sementara untuk cetakan telapak kaki sebelah kirinya terdapat dan disimpan di Masjidil Aqsa Jerusalem. Selain itu juga terdapat pula surat buatan Nabi Muhammad SAW yang dituliskan kepada Muqawqis (pemimpin kaum Kopts) yang ditulis didaun kurma dan ditemukan di Mesir pada tahun 1850.

Satu lagi keunikan dari Topkapi yang dapat anda jumpai ketika mengunjunginya, adalah ketika anda memasuki ruangan peninggalan ini, kita dapat mendengar alunan 24 orang Hafidz (penghafal) quran yang bergantian membaca Al – quran dengan syahdunya dan alunan bacaan tersebut tidak pernah berhenti 24 jam terus menerus selama 407 tahun.

Istana ini sempat masuk dalam situs cagar budaya UNESCO PBB pada tahun 1985.istana Topkapi yang memiliki ribuan kamar ini dan ruang ini kini dibawah pengelolaan Departemen Budaya dan Pariwisata Turki dengan penjagaan Militer Turki. Jadi jika anda berkesempatan untuk berlibur ke negara Turki, jangan lupa untuk mengunjungi Museum Topkapi dan melihat keindahan museum tersebut. (FIT/berbagaisumber)