Ketika Maag Datang Saat Puasa

Foto/Ilustrasi: snnc.co

Jakarta, Sayangi.com – Seseorang yang mengalami sakit maag biasanya disebabkan karena ketidakteraturan jadwal makan. Karena itu, Ramadan ini adalah berkah bagi mereka yang punya sakit maag. Banyak yang berpikiran bulan puasa justru membuat sakit maag kita semakin parah dan lantas memilih untuk tidak berpuasa. Jangan salah, puasa di kala Ramadan tidaklah membuat kita semakin sakit melainkan melatih kita untuk makan tepat waktu dan terpola.

Sudah banyak penelitian yang dilakukan dan menunjukkan bahwa dengan berpuasa sakit maag anda akan membaik bahkan cenderung sembuh. Namun tak jarang yang sering mengalami kambuh sakit maagnya ketika sedang berpuasa, lalu apabila hal tersebut terjadi, apa yang harus kita lakukan? Tetap meneruskan berpuasa dengan menahan sakit yang ada atau membatalkan puasa?

Bagi penderita maag yang hanya merasakan sakit atau perih di perut saja sebaiknya tetap meneruskan berpuasa, karena pada dasarnya puasa yang kita lakukan tidak merusak dinding lambung atau juga tidak akan memperparah sakit maag yang dialami. Sementara untuk penderita maag yang rasa perihnya luar biasa hingga mengeluarkan keringat dingin, apalagi sampai muntah, maka si penderita harus membatalkan puasanya.

Biasanya penderita maag yang seringkali kambuh pada saat siang hari tidak memperhatikan pola makan pada saat sahur ataupun berbuka. Mengkonsumsi makanan bersantan, pedas dan asam dan gorengan dapat memicu naiknya asam lambung sehingga membuat maag kita kambuh. Sebaiknya, saat berbuka puasa, hindari makanan bersantan dan berlemak, pedas dan mengandung asam. Jangan pula mengkonsumsi kopi, minuman berkarbon dan buah-buahan asam sebelum perut terisi dengan karbohidrat.

Dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman hangat terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi makanan yang lain secara bertahap agar lambung tidak terkejut dengan perubahan pola makan karena tidak diisi seharian. Misalnya dengan mengkonsumsi air putih hangat terlebih dahulu kemudian baru mengkonsumsi teh manis dan makanan kecil. Usai sholat maghrib, barulah makan makanan pokok seperti nasi lengkap dengan lauk pauknya dengan porsi sedang.

Penderita maag ada baiknya juga mengkonsumsi obat penekan asam lambung untuk menghindari rasa tidak nyaman yang berlebihan. Jadi bagi anda yang memiliki sakit maag, jangan takut untuk berpuasa, karena ternyata berpuasa justru dapat dijadikan terapi untuk menyembuhkan sakit maag. (FIT)