Pemerintah Jamin Harga Pangan Pokok Stabil Jelang Lebaran

Foto: sayangi.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com – Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pemerintah akan menerapkan kebijakan impor bahan pangan masuk pasar. Hal itu bertujuan untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok yang meroket sejak awal puasa.

“Terkait dengan kekurangan pasokan bahan pokok, pemerintah akan melakukan impor yang berguna untuk menstabilkan harga. Jadi impor bahan pangan pokok akan disuplai ke pasar,” ujarnya usai Rapat Koordinasi bersama menteri-menteri bidang ekonomi dalam pembahasan stabilitas harga pangan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (17/7/2013).

Pemerintah, sambung Hatta, akan menjamin harga bahan pangan pokok akan stabil selama bulan suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 H. Ia mengaku mendapat laporan stabilitas harga bahan pokok, lantaran perkembangan bahan pangan pokok di Indonesia terjadi penurunan.

“Pada minggu ketiga dan kedua (Ramadhan, red) menunjukkan tren mulai menurun yang sebelumnya harga pangan pokok cukup tinggi,” ujar Hatta.

Hatta menyatakan, harga yang saat ini mengalami penurunan di antaranya bawang putih, bawang merah, tempe, gula, dan ayam. Untuk sapi akan ditekan hingga menembus angka 75-80 ribu di pasaran.

“Beberapa komoditi bahan pokok alami penurunan dari 1-5 persen, termasuk cabe merah di satu persen.” (MI)