Amien Rais Tambah Pilar Kebangsaan Jadi Delapan

Foto: sayangi.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Majelis Pertimbangan Partai DPP PAN, Amien Rais mengusulkan empat tambahan untuk empat pilar kebangsaan yang selama ini dikenal publik. Empat pilar ini semakin akrab setelah dalam beberapa tahun terakhir, MPR terus memopulerkan dalam setiap kegiatannya.

Empat pilar yang populer tersebut adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Namun, setelah penggagas empat pilar yang juga Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Taufik Kiemas berpulang, Amien Rais mengusulkan penambahan. Tokoh Reformasi yang juga pernah menjabat sebagai Ketua MPR ini mengusulkan empat pilar lagi dalam berbangsa negara.

“Jika almarhum Pak TK (Taufik Kiemas, red) Ketua MPR mempelopori empat pilar, saya tambah lagi empat pilar. Jadi totalnya ada delapan pilar,” kata Amien saat berbuka puasa di kediaman Ketua Umum DPP PAN, Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu (17/7/2013).

Empat pilar yg diusulkan mantan Ketua MPR RI itu, Pertama bendera merah putih dan kedua Bahasa Indonesia. Untuk ketiga dan keempat masing-masing Sapta Marga milik TNI dan Tri Brata milik Polri.

“Jadi lengkapnya ada delapan pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ini sudah saya tulis dalam buku kecil karangan saya,” jelasnya. (MI)