Pemerintah DKI Adakan Pasar Malam di Terminal Pasar Minggu

Jakarta – Sayangi.com – Pemerintah DKI Jakarta akan mengadakan pasar malam untuk para pedagang kaki lima di sebagian Terminal Pasar Minggu. Diketahui, bahwa Terminal Pasar Minggu bisa menampung pedagang sampai 594 lapak, selebihnya direlokasi ke Rumah Potong Unggas milik Dinas Peternakan.

“Kebijakan ini merupakan salah satu cara penertiban pedagang yang berkeliaran di pinggir-pinggir jalan. Diharapkan, para pedagang itu tidak lagi menjajakan usahanya di badan jalan,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, saat dikunjungi wartawan di Balaikota DKI, Rabu (17/7).

Menurut Pristono Para pedagang di kawasan Pasar Minggu itu sebenarnya sudah diatur, termasuk batas waktu yang diperbolehkan berjualan, yaitu hingga pukul 5 sore, namun hal itu tidak membuat para pedagang menutup jualannya. Mereka tetap berjualan hingga pukul 7 malam, kadang sampai lewat dari jam 7. Karena itu, Pemerintah DKI akhirnya  merelakan sebagian lahan di Terminal Pasar Minggu untuk para pedagang yang mau berjualan di malam hari. Namun, pada waktu siang, para pedagang itu harus berjualan di lokasi binaan (lokbin) yang sudah ada.
 
“Kalau siang kita beresi mereka agar menempatkan lokasi binaan yang sudah disiapkan. Jumlah pedagang pada waktu siang ada sekitar 523 pedagang. Sedangkan yang malam hari itu ada sekitar 1.119 pedagang,” jelas Pristono yang juga sebagai Koordinator Penanganan Kemacetan di pasar. (VAL).