Mendag Pastikan Impor Daging Sapi Bebas dari Tengkulak

Foto: Ant

Jakarta, Sayangi.com – Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menjamin impor daging sapi Badan Urusan Logistik (Bulog) bebas dari permainan tengkulak.

“Bulog baru terima 12 ton dan impor datang bertahap dari total keseluruhan sebanyak 3.000 ton yang akan datang minggu depan. Jadi tengkulaknya dimana?” ujar Mendag usai Rapat Koordinasi membahas stabilitas harga pangan di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (17/6/2013).

Ia sangat menyayangkan rencana Bulog yang awalnya berniat mendatangkan 200-500 ton, namun yang baru bisa didatangkan sekitar 12 ton. Hal ini pun langsung mereka potong.

“Jadi gak ada unsur tengkulak,” jelasnya.

Terkait impor sapi siap potong tahun ini, Gita akan mempertimbangkan untuk mengusulkan kembali. Ia mengaku tetap akan menghormati UU Peternakan dan kepentingan peternak. Namun untuk impor sapi, ia berharap kebijakannya diubah.

“Kita akan satu-atapkan di kemendag, berikan ijin dalam waktu singkat. Menko menanggapi sangat positif, kami akan lakukan importasi kalau harga di level tertentu,” demikian Gita. (MI)