Sumsel Potong Anggaran Bantuan Hukum Gratis

Palembang, Sayangi.com – Anggaran bantuan hukum gratis di APBD Perubahan Sumatera Selatan 2013 yang semula dianggarkan Rp 1,3 miliar, berkurang menjadi Rp 630 juta. Hal ini disampaikan Ardani, Kepala Biro Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Selatan, di Palembang (7/7).
 
Menurut Ardani, kalau tidak dikurangi, dikhawatirkan akan menimbulkan sisa anggaran (Silpa), sebab antara waktu keluar anggaran dengan tutup anggaran sangat singkat. Anggaran perubahan diperkirakan akan dapat digunakan pada akhir Agustus 2012. Semula kami mengira anggaran akan berjalan pada awal tahun 2013,” kata Ardani. 
 
Ketika Sayangi.com menanyakan apakah pengurangan tersebut ada kaitannya rencana Pilgub Ulang yang akan memangkas anggaran sekitar 10 persen, Ardani membantah, “Tidak ada hubungannya dengan Pilgub ulang, ini hanya kebetulan saja. Selain itu, pengalaman tahun lalu juga menjadi pertimbangan, dengan waktu yang singkat menimbulkan silpa dan malah program bantuan hukum tidak terlaksana.”
 
Jika terpenuhi angka 1,3 miliar, program bantuan untuk rakyat yang tak mampu ini dapat membantu sekitar 90 perkara. “Tetapi kalau hanya Rp 630 juta, berarti hanya separuhnya saja,” ujar Ardani. Lebih lanjut Ardani mengatakan, “Sekarang ini, sudah ada beberapa permohonan masuk untuk bantuan hukum gratis, tetapi masih sedikit, belum sampai 10 kasus”, pungkasnya. (VAL/ANT)