Mahasiswa Kembali Diajak Belajar HAM di Sekolah KontraS

Foto: Kontras Aceh

Jakarta, Sayangi.com – Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) memberi kesempatan para mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengikuti program rutin tahunan SeHAMA (Sekolah Hak Asasi Untuk Mahasiswa).

Dalam Siaran Persnya, KontraS memberi catatan bahwa SeHAMA 2013 merupakan kegiatan pendidikan HAM yang diselenggarakan untuk kelima kalinya oleh KontraS, dijadwalkan pada 19 Agustus – 8 September 2013. Tujuan pendidikan ini agar entitas mahasiswa mampu mengembangkan diri dan terlibat aktif dalam memperjuangkan hak asasi manusia (HAM).

Sejak 2009, program ini membuka peluang bagi kalangan muda dan mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu dan berbagai wilayah untuk belajar bersama, mengasah kepekaan, dan membangun nilai-nilai kemanusiaan dan HAM. Para mahasiswa akan diberikan berbagai materi seputar isu-isu yang relevan dengan hak asasi manusia lewat berbagai metode.

Materi SeHAMA 2013 melingkupi konsep, teori, instrumen, dan politik HAM. Selain itu diikuti dengan penyampaian materi lainnya yaitu universalisme dan relativisme HAM, instrumen dan mekanisme HAM (tingkat internasional maupun domestik), dimensi-dimensi HAM (hak sipil-politik dan hak ekonomi, sosial dan budaya), dan HAM sebagai gerakan sosial dan budaya.

Untuk memperkuat keterampilan advokasi, para peserta akan diberikan beberapa materi umum seperti teknik-teknik mengumpulkan data dan informasi, investigasi HAM, penulisan laporan HAM dan metode kampanye HAM populer.

Para peserta juga akan berkesempatan mengikuti kegiatan-kegiatan seperti kursus dalam kelas dengan ahli yang relevan, kunjungan ke berbagai lembaga relevan, kegiatan-kegiatan kultural yang unik, serta melakukan live-in ke beberapa komunitas korban pelanggaran HAM untuk mengobervasi langsung masalah secara otentik.

Pendaftaran Program SeHAMA 2013 dibuka pada tanggal 1 – 31 Juli 2013, proses seleksi peserta dilaksanakan pada tanggal 1 – 4 Agustus 2013 dan hasil seleksi penerimaan peserta akan diumumkan pada tanggal 5 Agustus 2013. Formulir pendaftaran untuk calon peserta dapat diunduh di http://kontras.org/sehama/, dikirimkan melalui pos kepada Panitia SeHAMA 2013 KontraS paling lambat 28 Juli 2013, Jl. Borobudur Nomor 14 Menteng Jakarta Pusat 10320, atau melalui email panitiasehama@gmail.com. (MSR)