DPR Dukung Pembekuan Konsorsium Asuransi TKI

Foto: Dok/Ist

Jakarta, Sayangi.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana membekukan Konsorsium Asuransi TKI karena pengelolaannya dinilai melenceng dari tujuannya untuk melindungi TKI. Anggota Komisi IX DPR RI Poempida Hidayatulloh menilai, langkah OJK itu sudah tepat karena ada indikasi penyelewengan.

Poempida mengatakan, berdasarkan balance sheet, laporan keuangan dari Konsorsium Asuransi TKI terlihat janggal. Karena itu, ia menyampaikannya secara khusus ke OJK. “Adanya permainan dan manipulasi sangat terasa dalam konteks ini. Sehingga saya meminta kepada OJK untuk melakukan pendalaman,” kata politisi Partai Golkar ini di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/7).

Lebih jauh Poempida mengatakan, selain secara operasional tidak memenuhi mekanisme perlindungan TKI yang diharapkan, Konsorsium Asuransi TKI ini juga sangat kental dengan penyelewengan dan berpotensi bermasalah pidana.

“Saya belum melihat rekomendasi OJK dalam hal ini. Tapi yang jelas, keputusan OJK memang sangat wajar,” tandasnya.

Konsorsium Asuransi TKI beranggotakan 10 perusahaan yang terdiri dari PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya, PT Asuransi Jiwa Recapital, PT Asuransi Takaful Keluarga, PT Asuransi Umum Mega, PT Asuransi Raya, PT Asuransi Purna Artanugraga, PT LIG Insurance Indonesia, dan PT Asuransi Ramayana. (HST)