Tradisi Unik Orang Pakistan Menyemangati Anaknya Berpuasa

Foto/Ilustrasi: boston.com

Jakarta, Sayangi.com – Dalam urusan ibadah puasa Ramadhan, setiap orang tua memiliki cara dan tradisi sendiri dalam mendidik anak-anaknya untuk melaksanakan ibadah puasa. Sudah jadi rahasia umum dan cara jitu bagi orang tua Indonesia untuk berjanji memberikan berbagai macam hadiah atau barang yang di minta si anak, jika anak tersebut berhasil melaksanakan puasanya.

Namun tahukah anda, di belahan dunia lainnya ada sekelumit tradisi unik dari para orang tua untuk mengajarkan anaknya berpuasa khususnya di bulan Ramadhan. Sebut saja Roza Kushaee, sebuah keunikan tradisi yang berjalan di pakistan. Para orang tua akan membuatkan pesta untuk anaknya yang baru akan menjalankan ibadah puasa untuk pertama kalinya. Pesta tersebut dibuat seperti layaknya pesta ulang tahun untuk merayakan makna puasa pertama mereka, yang berarti anak tersebut sudah menginjak dewasa.

Layaknya pesta, biasanya para undangan yang terdiri dari sahabat dan kerabat akan mulai berkumpul menjelang berbuka. Karena pesta dilaksanakan setelah adzan maghrib tiba bersamaan dengan buka puasa. Sang empu-nya hajat pun akan tampil sebaik mungkin dengan shalwar kamees atau duppata (kerudung aneka warna). Tempat perayaan pestanya pun beragam, ada yang menyelenggarakannya di rumah, di restoran bahkan di hotel. Para undangan juga diperkenankan membawa bingkisan hadiah baik berupa karangan bunga atau mainan. Acara ini biasanya didahului dengan mendengarkan ceramah agama, lalu dilanjutkan membaca doa dan shalawat hingga akhirnya sesi menyantap makanan-makanan lezat pun dimulai bersamaan dengan berbuka puasa.

Konon tujuan dari tradisi ini adalah untuk mengapresiasi dan memotivasi semangat anak-anak mereka dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Jadi, apakah ini bisa sekaligus menjadi alternatif anda untuk memberikan semangat anak-anak menjalankan puasa? (FIT/facebook.com)