Mourinho Tawar Rooney di Thailand

Foto: Antara

Bangkok, Sayangi.com – Jose Mourinho mengumumkan kekuasaan barunya di Chelsea dengan tawaran sensasional terhadap bintang Manchester United Wayne Rooney dan kemenangan dalam partai persahabatan di Bangkok, Rabu.

Pelatih karismatik asal Portugal itu, kembali di pertandingan pertamanya setelah enam musim, memimpin dengan pola baru pelatihan dengan kemenangan 1-0 atas tuan rumah Singha All-Star XI di Bangkok.

Tapi laga tersebut, di depan puluhan ribu fans Thailand berbaju biru, benar-benar dibayangi oleh berita bahwa Chelsea telah mengajukan tawaran terhadap penyerang Inggris Wayne Rooney.

Mourinho mengajukan tawaran senilai 10 juta pounds (11,5 juta euro atau setara 15,1 juta dolar AS) dan ia membantah bahwa Juan Mata atau David Luiz telah ditawarkan sebagai tambahan dari tawaran atas Rooney.

“Akhir cerita – kami membuat tawaran dan sekarang terserah ke Manchester United dan terserah kepada pemain,” katanya, menambahkan bahwa Chelsea tidak menargetkan pemain lain.

“Kami mencintai pemain, kami tertarik pada pemain, kami membuat tawaran. Kami tidak punya apa-apa yang bisa dikatakan dan tidak ada lagi yang harus dilakukan. Dan sekarang kita harus menghormati dan beretika dalam proses ini,” kata Mourinho.

“Tawaran resmi hanya tentang jumlah uang tertentu, tidak melibatkan pemain dan tidak melibatkan pemain dalam negosiasi selanjutnya,” tambahnya.

Rooney dikatakan telah meminta untuk dimasukkan ke dalam bursa transfer pada Mei dan dia hanya beberapa jam di tur pra-musim United sebelum menderita cedera otot ringan.

Pekan ini, ia dikabarkan “marah dan bingung” atas komentar dari bos baru David Moyes yang menyarankan ia berduet dengan Robin van Persie musim ini.

Chelsea dibawah asuhan Mourinho dinilai sebagai ancaman terbesar bagi Manchester United mempertahankan gelarnya dimana Moyes mencoba mengikuti rezim Alex Ferguson di MU selama 27 tahun dengan 38 piala.

Dan Chelsea memulai awal yang positif di bawah Mourinho dengan mengalahkan All Stars – yang mengejutkan United di Bangkok pekan lalu kemenangan 1-0 lewat penalti Romelu Lukaku di babak pertama.

Kevin De Bruyne memberikan ancaman dalam debutnya, setelah kembali dari masa pinjamannya di Werder Bremen, dengan tembakan keras di menit 23.

Lukaku juga menebar ancaman sejak awal dimana kiper berjibaku menahan tembakannya setelah saling berhadapan saat pertandingan sudah berlangsung selama setengah jam.

Namun gol pertama di era baru Mourinho datang dari titik putih setelah bek kanan Brasil Wallace, pemain yang baru dikontrak Chelsea dari Fluminense, dijegal di dalam kotak penalti.

Dan Lukaku tidak membuat kesalahan dengan kaki kirinya saat mengarahkan bola ke sisi kanan kiper, gol pertamanya untuk Chelsea di menit 35.

Pemain timnas Belgia itu mempunyai peluang lain, sayangnya tembakan pertamanya melenceng di kotak penalti.

“Itu adalah pengalaman yang baik bagi kita, karena mereka sangat terorganisir dan taktis, mereka sangat kompak … Saya pikir tim saya selalu memegang kendali,” kata Mourinho.

“Itu adalah sesi pelatihan yang baik,” tambahnya.

Mourinho mengatakan gelandang veteran Frank Lampard tidak diikutsertakan setelah menjalani operasi batu ginjal.

Chelsea kini menuju ke Kuala Lumpur dan kemudian Jakarta karena mereka terus membangun tim untuk musim baru. (RH/ANT)