Jelang Lawan Liverpool, Lini Pertahanan Jadi Fokus

Foto: Liverpoolfc.com

Jakarta, Sayangi.com – Pelatih tim Indonesia XI Jacksen F Tiago fokus memperkuat lini pertahanan timnya sebelum menghadapi tim asal Inggris, Liverpool FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (20/7).

Hal tersebut dilakukan, kata Jacksen, untuk mengantisipasi serangan dari klub yang berjuluk The Reds. Apalagi anak asuh Brendan Rodgers memiliki karakter yang langsung menekan sejak awal pertandingan.

“Pertahanan kita jelas akan banyak mendapatkan tekanan. Makanya harus segera diantisipasi dengan membuat pertahanan yang kokoh,” kata Jacksen F Tiago di Jakarta, Kamis.

Selain memperkuat lini pertahanan, pelatih asal Brasil ini juga akan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada terutama saat anak asuhnya dikalahkan Arsenal dengan skor telak 0-7 diantaranya penguasaan bola dan organisasi permainan.

“Semua pemain telah melihat rekaman pertandingan saat menghadapi Arsenal. Jadi mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan,” kata pelatih Persipura itu.

Guna memperkuat lini pertahanan, Jacksen F Tiago kembali memanggil pemain baru diantaranya Fachruddin. Selain itu juga terus mengasah pemain yang ada yaitu Ruben Sanadi, Victor Iqbonefo, M. Roby dan Hasim Kipuw.

Pemain belakang ini nantinya akan ditopang oleh dua gelandang yang baru saja dipanggil yaitu Ahmad Bustomi, Taufiq dan pemain muda yang saat ini lagi naik daun yaitu Bayu Gatra.

Untuk barisan penyerang, kemungkinan akan mengandalkan Boaz Solossa, Sergio van Dijk dan Ferdinand Sinaga. Hanya saja posisi Sergio akan lebih ditarik ke depan (target man).

“Pemain semuanya telah siap. Kalau ditanya apa mau bertahan atau menyerang, kita lihat di lapangan. Jika pegang bola kita menyerang jika tidak bertahan dan mencari bola,” kata Jacksen menambahkan.

Sementara itu salah satu pemain tim Indonesia XI, Ferdinand Sinaga mengaku siap diturunkan meski dirinya baru saja sembuh dari cedera yang cukup lama. Pemain Persisam Samarinda itu mengaku akan berusaha menunjukkan kemampuan terbaiknya.

“Saya nunggu arahan pelatih saja. Yang jelas saya senang kembali bisa perkuat timnas,” katanya. (RH/ANT)