KPU : Sudahkah Nama Anda Tercatat di DPS ?

Foto : www.kpu-gunungkidulkab.go.id

Gunung Kidul, Sayangi.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau kepada masyarakat yang belum tercantum dalam daftar pemilih sementara untuk mencermati dengan melaporkan diri kepada panitia pemungutan suara.

Ketua KPU Gunung Kidul, Sukimin di Gunung Kidul, Senin, mengatakan PPS sudah mengumumkan daftar pemilih sementara (DPS) hingga tingkat rukun tetangga.

“Hal ini bertujuan, supaya masyarakat yang belum terdaftar segera melaporkan diri, sebelum DPS ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT),” kata Sukimin.

Selain itu, ia mengimbau masyarakat lebih proaktif dalam mencermati DPS, sehingga pada hari pemungutan suara nanti, dapat tercipta pemilih yang berkualitas sekaligus dapat meminimalisir pemilih yang menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun kartu keluarga (KK).

Anggota Divisi Sosialisasi KPU Gunung Kidul, Zaenuri Ikhsan mengatakan, saat ini PPS di tingkat desa sudah mengumumkan DPS di setiap balai desa dan calon tempat pemungutan suara (TPS).

Bagi warga masyarakat yang sudah memiliki hak pilih diharapkan untuk melihat data tersebut jika nantinya ada yang belum masuk data bisa segera diperbaiki.

“PPS, sudah mulai mengumumkan DPS mulai tanggal 11 Juli sampai nanti 24 Juli 2013. Untuk mendapatkan DPT yang berkualitas, kami akan melakukan berbagai tahapan sebelum DPT di tetapkan pada September 2013,” katanya.

Selain itu, ia meminta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 turut mengamati data yang telah di sampaikan oleh KPU.

“Terselenggaranya pemilu yang sukses dibutuhkan kerjasama yang baik antara kompenen penyelenggara pemilu. Kesuksesan Pemilu 2014, menjadi tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Selain melalui data-data yang telah ditempel di setiap desa dan calon TPS, daftar pemilih sementara juga bisa di cek melalui alaman KPU Gunung Kidul. Masyarakat hanya dengan memasukkan memilih provinsi, dan kabupaten dengan memasukan Nomor Induk KTP (NIK). (MARD/Ant)